DKI Jakarta dan Jawa Barat Masih Tertinggi Kasus Virus Corona

DKI Jakarta dan Jawa Barat Masih Tertinggi Kasus Virus Corona

JAKARTA – Penambahan jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia, terus terjadi. Hingga Kamis (17/9), total tercatat ada 232.628 positif, 166.686 sembuh dan  9.222 orang meninggal dunia. DKI Jakarta masih paling tinggi dengan 1.113 kasus. Disusul Jawa Barat dengan 353 kasus. Mayoritas pasien Corona didominasi usia produktif.

“Jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia didominasi usia 19-45 tahun. Ini adalah usia produktif. Penting untuk menjaga stamina tubuh. Tidak lengah saat berkegiatan di luar rumah. Yang terpenting selalu menjaga anggota keluarga. Terutama yang risiko rentan agar tidak tertular,” kata Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di BNPB, Jakarta, Kamis (17/9).

Sebagai kelompok usia dengan mobilitas tinggi, usia ini berpotensi besar menjadi pembawa virus kepada keluarganya dan kelompok usia rentan. Wiku juga menjelaskan 80 persen kasus positif Corona berada di kelompok usia di atas 45 tahun.

“Kelompok usia ini diharapkan tidak berkegiatan di luar rumah. Jika terpaksa ke luar rumah, dipastikan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Hindari penggunaan transportasi umum untuk mencegah penularan,” imbuhnya.

Selain itu, Satgas COVID-19 menyebut ada 11 kabupaten/kota di Indonesia dengan kasus aktif di atas 1.000 kasus per 13 September 2020. “Masih ada 11 kabupaten/kota dengan kasus aktif lebih dari 1.000. Ini harus jadi perhatian bersama,” ucapnya.

Ke- 11 daerah tersebut memiliki jumlah penduduk yang padat. Kasus aktif di 11 kabupaten/kota ini menyumbang 26 persen dari total kasus aktif nasional. “Jadi, apabila pada 11 kota ini proses penyembuhannya maksimal, jumlah kasus aktif ini akan turun,” terangnya. Masyarakat yang tinggal di 11 daerah ini harus disiplin menjalankan protokol kesehatan pada semua sektor.(fin)

https://www.youtube.com/watch?v=PIC_9FXgPS4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: