Perkenalkan Angklung Elektronik, Karya Anak Muda Kota Cirebon

Perkenalkan Angklung Elektronik, Karya Anak Muda Kota Cirebon

CIREBON - Angklung adalah salah satu alat musik tradisional Jawa Barat yang saat ini telah melalui banyak perubahan, baik dalam segi bentuk, maupun fungsi.

Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kesambi Kota Cirebon menciptakan Angklung Elektronik (Angklek).

Angklung ini tidak dimainkan orang, melainkan dengan komputer. Semua musik yang dihasilkan Angklek ini sudah diprogram oleh komputer.

Baca juga:

Fiks, Pelaku Penusukan Sykeh Ali Jaber Tidak Gila dan Negatif Narkoba

Kota Cirebon PSBM, RT-RW Harus Lebih Ketat Monitor Tamu

DPR Minta Penyelidikan Lebih Lanjut Dugaan Pidana di Balik Kebakaran Gedung Kejagung

\"Ini merupakan hasil kreativitas pemuda Kota Cirebon. Pertama kali Angklek ini kami perkenalkan di Sukabumi yang masih sederhana. Sekarang Angklek sudah kami sempurnakan dengan 23 nada,\" ungkap Akbar Mutaqin ketua Posyantek kepada radarcirebon.com ditemui di DPRD Kota Cirebon, Jumat (18/9).

Akbar mengatakan, sudah banyak yang memesan Angklek tersebut.

\"Alhamdulillah baru DPRD Kota Cirebon yang memesan Angklek ini. Berikutnya yang sudah pesan juga Kecamatan Pekalipan dan Kesambi. Ke depan kami juga akan menawarkan ke hotel-hotel yang ada di Kota dan Kabupaten Cirebon. Adapun harga Angklek ini yaitu Rp 20 juta-Rp 25 juta,\"katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Cirebon Harry Saputra Gani mengaku bangga dengan pemuda Kota Cirebon yang menciptakan Angklek tersebut.

Menurutnya, Angklek ini sangat baik. Karena angklung elektronik ini bisa memberikan pembelajaran kepada masyarakat dan anak didik dengan mudah tentang seni dan alat musik tradisional khas Jawa Barat.

\"Dan Angklek ini sangat cocok untuk dihadirkan di hotel-hotel, mal, kantor instansi pemerintahan untuk menghadirkan nuansa-nuansa kebudayaan Kota Cirebon dengan biaya Angklek yang sangat murah ini,\" ujarnya.

Harry berharap, dengan adanya Angklek ini tidak sampai membuat pelajaran maupun generasi muda untuk belajar angklung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: