Waspada Terpapar lewat Airbone

Waspada Terpapar lewat Airbone

JAKARTA - Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengingatkan penularan COVID-19 terjadi melalui tiga mekanisme, yaitu penularan secara langsung, tidak langsung dan melalui airbone.

\"Jadi sudah sering disampaikan mungkin dari berbagai pakar dan juga Satgas Covid-19 bahwa pada dasarnya covid-19 ini menular melalui 3 mekanisme,\" ungkapnya.

Dijelaskannya, penularan secara langsung terjadi melalui droplet atau percikan-percikan halus yang dibatukkan oleh seseorang ketika batuk, bersin atau saat berbicara dengan orang terdekat dalam jarak 1-2 meter. \"Itu penularan secara langsung,\" katanya.

Mekanisme penularan secara tidak langsung melalui tangan yang terkontaminasi setelah menyentuh benda-benda yang telah terkontaminasi oleh virus tersebut.

\"Bisa dengan meja, pegangan pintu atau barang-barang lain,\" katanya.

Apabila tangan seseorang menyentuh barang-barang yang telah terkontaminasi kemudian menyentuh area wajah, hidung, mulut atau mata tanpa cuci tangan sebelumnya, maka virus dapat masuk dan terhirup ke dalam saluran napas kemudian masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan, mekanisme penularan lainnya melalui airbone atau udara, sebagaimana disampaikan WHO.

\"Penularan lewat udara ini disinyalir terjadi paling banyak adalah di lingkungan rumah sakit, yaitu pada tindakan-tindakan prosedur yang menimbulkan suatu aerosol atau suatu microdroplet,\" jelasnya.

Penularan melalui udara tersebut dapat terjadi dalam radius hingga 60 meter. Selain dapat terjadi di rumah sakit, penularan melalui udara juga dapat terjadi di tengah populasi, terutama pada area-area tertutup yang tidak memiliki ventilasi yang baik. Misalnya ruang perkantoran, restoran atau rumah makan.

\"Itu memiliki potensi apabila ruangan itu tertutup, tidak ada ventilasi yang baik, kemudian kerumunannya padat, sehingga potensial terjadi penyebaran lewat udara, itu dimungkinkan dan beberapa laporan kasus itu sudah ada,\" ungkapnya.

Sementara berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui situs kemkes.go.id pada Jumat (18/9), jumlah terkonfirmasi positif covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 3.891 kasus. Sehingga total sampai hari ini berjumlah 236.519.

Sedangkan pasien sembuh bertambah 4.088 orang, sehingga totalnya menjadi 170.774. Sementara pasien meninggal bertambah 114 orang, sehingga berjumlah 9.336. (gw/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=GTY2efjurT4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: