Indonesia Dapat Jatah 20 Persen Vaksin Corona

Indonesia Dapat Jatah 20 Persen Vaksin Corona

JAKARTA - Indonesia dapat dipastikan akan memperoleh akses vaksin corona (Covid-19) sebanyak 20 persen dari jumlah penduduk yang didapat dari kerja sama multilateral.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Indonesia mendapatkan jatah vaksin Covid-19 sejumlah itu karena telah masuk kategori Advance Market Commitment (AMC).

\"Indonesia telah masuk dalam kategori Advance Market Commitment (AMC) dari Gavi Covax Facility, yang berarti Indonesia akan memperoleh akses vaksin sebesar 20 persen dari populasi kita,\" kata Retno, dalam diskusi virtual Kemlu, Jumat (18/9).

Retno menambahkan, dengan adanya kerja sama itu, Indonesia akan memperoleh keringanan finansial terkait vaksin melalui mekanisme Official Development Assistance.

\"Dengan MoU ini diharapkan tidak akan terjadi penundaan dalam hal pengiriman kepada masyarakat, jika vaksin Covid-19 sudah tersedia,\" ujarnya.

Retno memperkirakan, bahwa vaksin hasil kerja sama multilateral ini akan bisa mulai diperoleh tahun pada 2021.

\"Perkiraan kita vaksin melalui jalur kerja sama multilateral ini baru akan tersedia pada tahun 2021 dan Kementerian Luar Negeri akan terus mengawal proses kerja sama ini,\" ujarnya.

Sebelumnya, Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman dengan UNICEF terkait vaksin Covid-19. Nota ini, membahas soal pengadaan dan mekanisme delivery vaksin dari GAVI Covax Facility.

\"Melalui nota kesepahaman tersebut, Indonesia akan memproduksi vaksin yang nantinya sudah ditetapkan, untuk kemudian disebarkan ke seluruh dunia melalui UNICEF,\" kata Perwakilan UNICEF untuk Indonesia, Debora Comini. (der/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=LJaBOB4wbak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: