Bersepeda di Tengah Pandemi Covid-19, Perhatikan Ini

Bersepeda di Tengah Pandemi Covid-19, Perhatikan Ini

CIREBON - Bersepeda menjadi olahraga yang direkomendasikan WHO di masa pandemi covid-19. Olahraga ini, memungkinkan untuk jaga jarak, namun juga dapat membuat tubuh tetap bugar.

Kepala UPT Puskesmas Kejaksan, dr Hj Junny Setyawati MKM menjelaskan, gowes atau bersepeda menjadi olahraga yang direkomendasikan oleh WHO selain jalan kaki. Bersepeda bisa aman di masa pandemi bila memperhatikan beberapa hal, seperti protokol kesehatan dan keamanan berkendara.

Untuk mendapatkan sehat, yang pertama harus dilakukan adalah pastikan bahwa diri dalam kondisi sehat.

Lebih disarankan bersepeda sendiri karena lebih aman atau bila berkelompok paling banyak 5 orang atau sebaiknya bersama keluarga. “Isi makanan dan minum secukupnya sebelum berangkat. Pastikan kondisi sepeda layak dan pakai masker,” tuturnya.

Pemilihan waktu juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Pagi hari sangat direkomendasikan, karena belum terlalu banyak polusi dan lalu lintas tak padat. Untuk menjaga kebugaran, bersepeda cukup 30-60 menit saja.

\"Kemanan bersepeda sangat tergantung pada kedispilinan terhadap prtokol kesehatan, keamanan, dan ketaatan pada peraturan lalu lintas,\" terangnya.

Dengan banyaknya masayrakat yang meminta tema bersepeda di pekan ini, juga menandakan masyarakat semakin peduli untuk berolahraga.

Pihaknya pun menambahkan dalam menjaga kesehatan, pola hidup sehat bisa didapatkan dengan menjaga pola makan, tidur teratur, juga olahraga teratur. Namun, dalam kondisi saat ini, pihaknya kembali selalu mengingatkan untuk terus memantau angkapeningkatan covid-19.

Bilamana angka Covid-19 mengkhawatirkan maka olahraga bisa dilakukan di rumah. \"Olahraga memang selalu harus dilakukan, namun sesuaikan dengan kondisi tubuh dan lingkungan,\" tukasnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: