Wabah Melonjak Tajam di Pusat Kota India

Wabah Melonjak Tajam di Pusat Kota India

JAKARTA - Jumlah kasus infeksi Virus Corona di India terus melonjak dan sudah melampaui angka 5,6 juta pada Minggu (20/9). Negara itu mencatat lebih dari 93.000 infeksi baru selama 24 jam terakhir. Kondisi makin kacau setelah masyarakat tidak mengindahkan protokol kesehatan, terutama di kawasan Kota New Delhi.

Kondisi yang terjadi di India dan AS berbanding terbalik dengan Australia yang mencatat penurunan harian terendah dalam kasus virus Corona baru dalam tiga bulan terakhir. Ini terjadi setelah pemerintah setempat melakukan penguncian keras di Kota Melbourne.

Negara bagian terpadat kedua, Victoria, melaporkan 14 infeksi baru dalam 24 jam hingga Minggu (20/9). Atau turun dari 21 kasus baru sehari sebelumnya dan terendah sejak 19 Juni.

Kebijakan penutupan wilayah dilakukan untuk menjaga kenaikan harian rata-rata di bawah 50 pada 28 September ketika pihak berwenang mengatakan mereka dapat mencabut pembatasan.

Sedangkan negara bagian terbesar di Australia, New South Wales melaporkan dua kasus baru, sementara negara bagian Queensland juga melaporkan dua kasus, sehingga total nasional menjadi 18 pasien.

Jika Australia terendah, sebaliknya India paling tinggi. Ada 1.251 lebih korban meninggal sehingga total orang yang tewas mencapai 85.619. Selama beberapa hari terakhir ini, India mengalami peningkatan kasus harian sekitar 90.000 kasus.

Empat hari lalu, jumlah kasus virus corona di negara itu menyentuh angka 5 juta. Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa India secara global menempati rangking nomor satu dalam pemulihan virus korona. ”India bisa menyusul Amerika dan menjadi nomor satu dalam hal Covid-19 Recoveries global. Total Pemulihan melampaui 4,2 juta orang,” kata kementerian melalui media sosial twitternya Minggu (20/9).

Di tengah maraknya kasus Virus Corona di India, sidang parlemen dimulai pekan ini. Berdasarkan hasil pengujian ternyata banyak anggota parlemen yang membawa virus. Para ahli di negara itu mengatakan India bahkan mungkin melampaui AS-negara yang paling parah terkena dampak di seluruh dunia dari tingkat keparahan pandemi.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun oleh Johns Hopkins University Amerika Serikat, jumlah kematian akibat virus di seluruh dunia telah mencapai 943.203 dengan pasien sembuh mencapai 20,39 juta. AS masih menjadi negara yang paling parah terdampak dengan lebih dari 6.66 juta kasus, termasuk 197,500 kematian.

India menyusul di peringkat kedua. Brasil, yang memiliki jumlah kasus Covid-19 dan kematian terbesar di Amerika Latin. Berada di urutan ketiga dengan lebih dari 4,46 juta infeksi.

Rusia, Peru dan Kolombia juga termasuk di antara negara-negara yang terkena dampak paling parah di dunia. Sedangkan China, negara asal virus, sejauh ini telah mencatat 90.262 kasus, termasuk 4.736 kematian dan 85.174 pemulihan.

Covid-19 telah menyebar ke setidaknya 188 negara dan wilayah sejak pertama kali terdeteksi akhir tahun lalu. China mengatakan empat vaksin Covid-19 kini sudah dalam uji klinis tahap III. ”Sejauh ini, kami memiliki 11 vaksin yang telah memasuki uji klinis, empat di antaranya telah memasuki uji klinis fase tiga,” papar Menteri Pendidikan dan Teknologi China Wang Zhigang.

Di antara empat kandidat vaksin, salah satu vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan biofarmasi CanSino Biologics adalah vaksin berbasis vektor adenovirus, sedangkan tiga lainnya berbasis virus yang tidak aktif.  (fin/ful)

https://www.youtube.com/watch?v=Y9DgtT5_ECA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: