IAIN Syekh Nurjati Cirebon Wisuda Secara Online

IAIN Syekh Nurjati Cirebon Wisuda Secara Online

IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar Wisuda Sarjana dan Magister XXI bagi 892 wisudawan/wisudawati, Kamis (24/9). Tak seperti tahun tahun sebelumnya, sidang senat terbuka wisuda digelar secara online melalui platform digital Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube. Mengingat adanya pandemi Covid-19.

Dalam sambutanya, Rektor IAIN Syelh Nurjati Cirebon, Dr Sumanta MAg mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati yang telah mampu menyelesaikan tanggung jawab akademiknya dengan baik.

Dalam momentum wisuda kali ini, kata Sumanta, harus menjadi renungan bersama terkait dengan masalah pandemi covid-19 yang belum juga usai. Data terbaru kasus terkonfirmasi positif covid-19 telah mengalami jumlah yang signifikan. Hal inipun telah sangat berdampak pada semua aspek kehidupan. Termasuk dalam hal proses pembelajaran di kampus.

\"Harus kita akui bersama bahwa keadaan yang demikian pula memaksa kita untuk melakukan akselerasi pemahaman dan penguasaan terhadap teknologi. Keniscayaan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 benar-benar kita rasakan lebih cepat dan butuh proses adaptasi yang juga cepat. Skill abad 21 yang menghendaki kita untuk memiliki wawasan literasi digital sudah hari-hari ini kita lakukan,\" ungkapnya.

Di usianya yang ke-55 tahun, lanjut Sumanta, IAIN Syekh Nurjati telah mampu mendapatkan beragam prestasi yang membanggakan.

Beberapa capaian yang membanggakan IAIN Syekh Nurjati pada tahun 2020 itu antara lain, mendapatkan peringkat 102 nasional perguruan tinggi se-Indonesia, peringkat 9 PTKIN dan peringkat 2 level IAIN dalam indeksasi Webo Metrics.

IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga menjadi peringkat 4, IAIN  yang paling diminati di Indonesia dengan pendaftar SPAN-UMPTKIN tahun 2020 sebanyak 6.458 mahasiswa baru. Peringkat 2 level IAIN dalam indeksasi SINTA sebagai perguruan tinggi paling produktif dalam karya penelitian. Selain capaian transformasi kelembagaan dari IAIN menjadi UIN Syekh Nurjati pada tahun 2021 mendatang.

\"Tentu kita patut bersyukur dan berbangga karena mampu menjadi lulusan perguruan tinggi negeri dengan sederetan prestasi. Hal ini tentu tidak dapat diraih tanpa adanya perjuangan dari berbagai pihak,\" lanjutnya.

Dalam wisuda kali ini, IAIN Syekh Nurjati mengusung tema Mewujudkan Transformasi Kelembagaan dalam Meneguhkan Islam Rahmatan Lil Alamin. IAIN Syekh Nurjati terus berupaya melakukan transformasi sebagai respon perubahan dan laju perkembangan zaman yang kian melesat.

\"Transformasi kelembagaan baik akademik maupun non akademik terus diupayakan untuk menghasilkan generasi unggul dan berdaya saing global,\" jelasnya. (awr/adv)

https://www.youtube.com/watch?v=Y-QEADqG1-Y

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: