LSM Penjara Peringati Hari Jadi ke-12

LSM Penjara Peringati Hari Jadi ke-12

CIREBON – Puncak peringatan hari jadi ke-12 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara), dipusatkan Cirebon. Sebagai tuan rumahnya adalah DPC LSM Penjara Kota dan Kabupaten Cirebon.

Agenda tersebut, berlangsung di Hotel Prima yang dihadiri langsung oleh jajaran DPP LSM Penjara, sejumlah perwakilan pengurus DPD (tingkat provinsi), dan sejumlah perwakilan DPC tingkat Kabupaten/Kota se Jawa Barat, Banten, Jateng, dan Jatim. Agenda digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Umum DPP LSM Penjara, Agung Setiawan mengatakan, momentum hari jadi ke-12 ini pihaknya mengambil tema dengan hari jadi, LSM Penjara melayani seluruh bangsa dalam menangani covid-19. Memberikan layanan bantuan yang dibutuhkan buat masyarakat dalam menghadapi masa sulit di tengah pandemi global ini.

“Program kerja kita tetap fokus dalam mengawal kebijakan pemerintah yang dilaksanakan aparaturnya. Dalam program infrastruktur dan sebagainya, agar anggaran yang digunakan dari uang rakyat tersebut tepat sasaran,” kata Agung, Kamis (24/9).

Khusus untuk tahun ini, karena program pemerintah anggaranya difokuskan lebih banyak kepada penanganan Covid-19, Agung menginstruksikan kepada seluruh jajaran LSM Penjara untuk ikut mengawal dan menelusuri agar tidak terjadi penyimpangan, dan memastikan program tersebut tepat sasaran.

Ketua Panitia H Agus Suratman menjelaskan, dalam hari jadi ini pihaknya mengundang secara internal dari tingkat DPP, DPD, dan DPC. Tapi dalam kondisi saat ini hanya sebagian yang bisa hadir langsung, sebagian bisa mengikuti secara live di medsos.

“Karena protokol kesehatan memang harus diterapkan, dan faktanya kondisi sekarang tidak memungkinkan untuk semua hadir. akhirnya kebijakan panitia untuk yang di jawa barat saja, ada beberapa dari Jateng, Jatim, dan Banten,” ujarnya, diamini Wakil Ketua Panitia M Agung Sentosa.

Pihaknya juga mengundang secara eksternal, mitra yang tergabung dalam aliansi LSM dan Ormas se-Cirebon, dalam rangka membangun komunikasi dan keberasamaan, sehingga diharapkan kedepan ormas OKP, LSM, dan perkumpulan lain bisa bersatu mengawal pembangunan daerahnya masing-masing.

Dia menambahkan, tidak ada persiapan khusus dalam memfasiliasi sebagia tuan rumah acara tingkat nasional ini, hanya melaksanakan secara normatif, dari mulai pra hingga pelaksanaan. Hasilnya, DPP harir semua lengkap ketua umum dan Sekjen, pejabat daerah dan tokoh daerah juga hadir, bersilaturahmi dalam nuansa kebersamaan dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Agenda ini juga turut dihadiri ole perwakilan unsur Muspida dari Kota dan Kabupaten Cirebon, serta sesepuh tokoh masyarakat Cirebon H Dadang Sukandar Kasidin. (azs/adv)

https://www.youtube.com/watch?v=Y-QEADqG1-Y

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: