Tokoh Ormas Siapkan Deklarasi KAMI di Cirebon

Tokoh Ormas Siapkan Deklarasi KAMI di Cirebon

CIREBON - Gabungan tokoh senior dan tokoh muda dari berbagai ormas di Kota Cirebon mempersiapkan deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

Hal tersebut diungkapkan Wawan Wanija selaku Presidium KAMI Kota Cirebon saat ditemui usai mengikuti diskusi dan rapat pembahasan rencana deklarasi KAMI Kota Cirebon, Minggu siang (4/10).

\"Ya, dalam waktu dekat ini InsyaAlloh pada bulan ini juga KAMI Kota Cirebon akan segera dideklarasikan. Untuk tanggal dan waktunya masih kami bahas lagi,\" ujar mantan wakil ketua DPRD Kota Cirebon ini.

Dijelaskan Wawan, KAMI merupakan gerakan moral untuk menegakkan keadilan dan kebenaran di negeri ini.

\"KAMI di Kota Cirebon tergugah karena melihat kondisi dan situasi negara ini butuh anak bangsa untuk ikut serta dalam menyelamatkan keberadaan dan keutuhan negara ini. Perlu kita ketahui saat ini banyak hal-hal yang perlu diperjuangkan oleh negara dan wakil rakyat, namun kenyataannya malah terlewatkan. Contohnya pengesahan undang-undang minerba, RUU Ideologi Pancasila (HIP) dan lainnya,\" jelasnya.

Masih kata Wawan Wanija, KAMI sangat diperlukan ada di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

\"Sudah dipandang perlu KAMI berada di tengah-tengah masyarakat. Dan KAMI ini diperlukan masyarakat dalam rangka bagaimana mengembalikan hak kedaulatan rakyat. Ya memang saat ini kedaulatan di tangan rakyat, namun kenyataannya saat ini rakyat tidak punya daya apa-apa,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Reno Sukriano selaku Comite Executive KAMI Kota Cirebon menyebutkan, bahwa konteks menyelamatkan bangsa dan Negara Indonesia baik secara individu maupun yg mengorganisir diri dalam wadah apapun adalah merupakan kewajiban bersama seluruh elemen bangsa ini.

\"Jadi kehadiran KAMI di kota Cirebon sebagai sebuah gerakan moral dipandang sesuatu yang tidak melanggar konstitusi,\"sebutnya.

Sementara itu, Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais), Letjen TNI purn Yayat Sudrajat mengatakan, seluruh purnawirawan TNI-Polri mendukung KAMI.

\"Beberapa hari yang lalu pada 1 Oktober, saya menjadi Presidium KAMI purnawirawan TNI-Polri Jawa Barat. Itu juga kita mendeklarasikan purnawirawan TNI-Polri mendukung perjuangan KAMI yang dideklarasikan di tugu proklamasi,\" katanya.

Letjen TNI purn Yayat menegaskan, saat ini waktu dan momentum yang tepat bagi purnawirawan untuk kembali mengabdikan diri kepada negara.

Perlu diketahui, gabungan tokoh senior dan tokoh muda serta berbagai ormas di Kota Cirebon menggelar diskusi sekaligus rapat pembahasan rencana deklarasi KAMI Kota Cirebon.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah perwira tinggi TNI AD seperti Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) Letjen TNI purn Yayat Sudrajat, dan Mayjend (purn) Robby Win Kadir. Hadir pula Syahrir Sofyan Presidium KAMI Jawa Barat. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: