DPPKB Advokasi Proyek Perubahan Program Bangga Kencana

DPPKB Advokasi Proyek Perubahan Program Bangga Kencana

DINAS Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Cirebon melakukan advokasi proyek perubahan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Adi Pura Kencana Balaikota Cirebon yang dihadiri 15 Anggota Komisi IX DPRRI, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Kesehatan, Kemenaker, Wakil Wali Kota Cirebon dan pejabat yang terkait di bidang kesehatan, dan keluarga berencana. 

Kepala DPPKB, Suwarso Budi Winarno diberikan kesempatan oleh Wakiil Wali Kota Cirebon untuk menyampaikan ekspos upaya untuk melaksanakan amanat UU 52/2009. Kota Cirebon telah berupaya melaksanakan mandat undang-undang. Salah satunya merumuskan Strategi Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana. Strategi tersebut akan formulisasikan dalam bentuk Peraturan Wali Kota.

Yang memberikan dasar dalam pengelolaan perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, sebagai upaya terencana untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan mengembangkan kualitas penduduk pada seluruh dimensi penduduk Kota Cirebon.

Strategi Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana meliputi

1.            Advokasi kepada masyarakat tentang perkembangan penduduk dan pembangunan keluarga

2.            Komunikasi Informasi dan Edukasi kesehatan reproduksi kesertaan Keluarga Berencana

3.            Penyelenggaraan pelayanan pembangunan keluarga melalui kelompok tribina maupun individu.

4.            Peningkatan kesejahteraan keluarga melalui keluarga Pembinaan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera.

5.            Pendidikan kesehatan reproduksi, ketahanan  remaja dan pendewasaan usia perkawinan  melaui pengenalan kehidupan berkeluarga melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR).

6.            Pelayanan Peningkatan Keluarga Sejehtera.

Untuk meningkatkan layanan pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sedang menyusun Peraturan Wali Kota Cirebon tentang Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana di Kota Cirebon.

Pembangunan Keluarga Sedari Muda

Pada kesempatan, Budi menyampaikan tentang inovasi dalam mendekatkan program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana kepada generasi muda. Misalnya dengan aplikasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk Generasi Muda di Kota Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: