Mbah Lasiyo Viral, Bagikan Tips Sukses Usaha dengan Pelihara Tuyul

Mbah Lasiyo Viral, Bagikan Tips Sukses Usaha dengan Pelihara Tuyul

VIDEO Mbah Lasiyo viral di media sosial. Petani pisang di Kabupaten Bantul itu membagikan tips wirausaha sukses dengan “tuyul” dan banyak beredar di grup WhatsApp.

Video ini diunggah oleh akun Twitter @@renaldypjs pada Rabu (14/10/2020). Akun Twitter ini mengunggah dua potongan video yang saling berkesinambungan. Dalam twitnya, ia menuliskan, \"Ilmu bisnis yang tidak diajarkan di kampus.\"

Petani asal Bantul yang diketahui bernama Mbah Lasiyo ini mengatakan bahwa untuk membangun usaha maka dibutuhkan modal 3M.

Pada video pertama, ia menjelaskan 3M itu apa.

\"Untuk usaha itu, kita modalnya adalah 3M. M satu adalah melihat, M dua memahami, M tiga melaksanakan. Jadi andai kata 3M itu dilaksanakan dengan baik dan benar, insya Allah akan berhasil,\" ucap Mbah Lasiyo.

Baca Juga: Ini Tanggapan Keraton di Cirebon soal Wacana Provinsi Sunda

Pada akhir potongan video ini, Mbah Lasiyo mengatakan bahwa usaha atau bisnis bisa lebih berhasil jika pebisis memelihara tuyul.

\"Tapi akan lebih berhasil lagi, bila kita memelihara TUYUL,\" ucapnya.

Rupanya, video asli unggahan tersebut sudah dipotong. Setelah mengucapkan kata Tuyul, sebenarnya masih ada sambungannya.

Dalam video tersebut, Mbah Lasiyo mengatakan bahwa tuyul yang ia sebutkan bukanlah tuyul setan, tetapi TUYUL yang merupakan sebuah akronim.

\"TUYUL adalah kepanjangan dari Takwa, Usaha, Yakin, Ulet, Lincah. Apabila kita tidak lincah, walaupun kita punya produk, akhirnya kita mejen atau tidak bisa terjual,\" jelasnya. (yud)

Tonton video berikut:

https://youtu.be/qtrdbW7WGFk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: