Dapat Blast SMS, Unit BRI Dipenuhi Nasabah

Dapat Blast SMS, Unit BRI Dipenuhi Nasabah

CIREBON - \"Nasabah YTh... pemilik rek xxxx, Anda terdaftar sebagai penerima Bantuan Presiden Produktif (BPUM), hub BRI terdekat untuk verifikasi dan pencairan.\" 

Setidaknya itulah pesan singkat yang didaptkan para pelaku UMKM hari ini atau bahkan beberapa hari lalu. 

Dengan SMS tersebut, mereka pun berduyun-duyun mendatangi kantor cabang BRI unit. Kepadatan pun terlihat di sejumlah kantor cabang, salah satunya BRI Cabang Cirebon Kartini.

Pimpinan BRI Cabang Cirebon Kartini, Moh Harsono menurutkan setidaknya sejak pukul 06.00 WIB sudah terlihat antrean para UMKM yang ingin mencairkan Banpres berangkat dari SMS blast yang didaptkan. 

Kepadatan tersebut mulai terpecah sejak pukul 08.00 WIB. \"Karena ada SMS Blast, masyarakat berduyun-duyun, kadang ada yang tak dapat tapi ikut antre, ditambah satu nasabah biasanya datang bersama beberapa pengantar,\" tuturnya.

Harsono menjelaskan, BRI dalam program ini bertindak sebagai penyalur juga pengusul. 

Untuk penyalur sendiri, BRI perlu melakukan verifikasi data terlebih dahulu. Sehingga masyarakat perlu menyertakan fotokopi dan KTP asli juga kelengkapan data seperti surat pernyataan tidak pernah mendapatkan bantuan dan tidak punya pinjaman. 

Dan UMKM tersebut harus dipastikan bukan termasuk ASN atau pegawai BUMN. 

Prosedurnya, saat calon penetrima bantuan diusulkan ke pemerintah pusat, kemudian mereka akan dibuatkan rekening BRI oleh pusat.

Namun dananya diblokir, setelah itu, mereka akan dapat SMS Blast dan mengecek ke BRI unit terdekat dengan alamatnya. Jika verifikasi sesuai maka dana bisa dicairkan tanpa harus mengambil ke BRI Unit. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: