Empuk dan Nikmat di Lidah, Kuliner Kepala Kambing Khas Desa Singkup

Empuk dan Nikmat di Lidah, Kuliner Kepala Kambing Khas Desa Singkup

KUNINGAN-Jelajah wisata kuliner kali ini tiba di Desa Singkup, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan. Di sana ada masakan kokolotok. Hidangan kepala kambing berbalut bumbu serundeng menjadi hidangan istimewa yang boleh jadi hanya satu-satunya di Kuningan.

Olahan kepala kambing yang dimasak selama dua jam dengan bumbu rempah pilihan ditambah taburan serundeng, parutan kelapa yang renyah menjadikan hidangan kokolotok sangat spesial.

Untuk menikmati hidangan kokolotok ini tak perlu menu tambahan seperti sambal, lalapan, tempe ataupun kerupuk. Cukup ditemani nasi putih, kelezatan kokolotok seketika menghapus segala permasalahan hidup.

Proses memasak kokolotok yang cukup lama hingga bumbunya meresap, membuat kulit dan daging kepala kambing sangat empuk dan terasa nikmat saat di lidah.

Uniknya, sekalipun hidangan ini berbahan utama kepala kambing, namun tak ada tercium bau prengus khas kambing saat kita menyantapnya.

Adalah Nono Supriatno, satu-satunya warga Desa Singkup yang masih menggeluti usaha kuliner kokolotok ini.

Berbekal resep yang diturunkan orang tuanya, Nono menjalani bisnis kuliner khas Desa Singkup ini bersama istri dan anak-anaknya hanya untuk pesanan orang-orang terdekat saja atau lewat media sosial.

“Penjualan kokolotok masih hanya sebatas untuk pesanan orang-orang terdekat. Karena untuk membuat masakan kokolotok ini membutuhkan proses cukup lama, kalau saya buka warung khawatirnya ada sisa dan kalau tidak terjual akan basi,” ujar Nono.

Satu porsi kokolotok, kata Nono, bisa dinikmati oleh enam hingga delapan orang. Untuk harga, Nono membanderol antara Rp120.000 hingga Rp 150.000 saja, tergantung besar kecilnya ukuran kepala kambing.

“Tapi untuk beli kokolotok ke saya harus pesan dulu minimal tiga jam sebelumnya. Karena saya harus pesan kepala kambingnya dulu, kemudian proses memasaknya juga cukup lama,” pungkasnya. (fik)

https://www.youtube.com/watch?v=jXrNGbsHbuc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: