Memohon Seruan Boikot Dihentikan

Memohon Seruan Boikot Dihentikan

PRANCIS mendesak negara-negara di Timur Tengah untuk menghentikan seruan memboikot produk-produk Prancis dengan segera. Seruan pemboikotan terjadi di tengah kontroversi penggunaan kartun Nabi Muhammad oleh Prancis setelah pemenggalan seorang guru di Paris terjadi.

\"Seruan untuk memboikot produk Prancis di beberapa negara Timur Tengah dan seruan untuk demonstrasi melawan Prancis tidak berdasar, dan harus segera dihentikan,\" ujar Kemenlu Prancis dalam sebuah pernyataan yang dilansir laman Al Arabiya English, Senin (26/10).

Kemenlu juga meminta pemerintah negara-negara lain untuk menjauhkan diri dari seruan boikot dan memastikan keselamatan warga negara Prancis.

Federasi Pengusaha Prancis MEDEF juga mendesak perusahaan untuk menolak boikot produk yang dilakukan negara Arab. Mereka menyebut hal ini \'pemerasan\'.

\"Ada saatnya untuk menempatkan prinsip di atas bisnis,\" kata Geoffroy Roux de Bezieux kepada penyiar RMC.

\"Boikot akan memperburuk keadaan. Apalagi sejumlah perusahaan di Prancis sudah terpukul karena pandemi virus corona,\" sambungnya.

Sebelumnya Macron sempat berujar bahwa \'Islam adalah agama yang sedang mengalami krisis di seluruh dunia\'. Karenanya pemerintahnya akan mengajukan rancangan undang-undang pada bulan Desember untuk memperkuat undang-undang tahun 1905 yang secara resmi memisahkan gereja dan negara di Prancis.

Setelah seorang guru di Prancis dipenggal karena menunjukkan kartun Nabi Muhammad di kelas yang ia pimpin, seraya berbicara soal kebebasan, Macron kembali berkomentar. Ia berujar sang guru \'dibunuh karena kaum Islamis menginginkan masa depan kita\'. (der/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=trk76qFdbAU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: