Siswa SMPK Plus Penabur Lolos KSN Tingkat Nasional

Siswa SMPK Plus Penabur Lolos KSN Tingkat Nasional

CIREBON-Satu siswa SMPK Plus Penabur Cirebon berhasil lolos ke Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional yang akan digelar 1-6 November 2020 mendatang.

Adalah Gustav Ian Setiabudi, siswa kelas IX SMPK Plus Penabur Cirebon yang lolos kompetisi yang sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN) tersebut.

Ian menjadi 1 dari 3 siswa kota Cirebon yang lolos, setelah berhasil memenuhi syarat dengan mendapatkan nilai minimal yang telah ditentukan. Ia lolos untuk kategori mata pelajaran matematika dengan menyisihkan lebih dari 30 ribu peserta dari seluruh Indonesia, pada babak penyisihan yang digelar beberapa waktu lalu.

Wakasek Kesiswaan SMPK-SMAK Plus Penabur Cirebon, Rusmin SPd mengatakan, sangat senang dan bangga dengan prestasi yang ditorehkan oleh siswanya. Dia berharap, pada KSN tingkat nasional nanti, Ian mampu mengikuti KSN dengan baik dan lancar.

“Kami sangat bangga dengan kerja keras siswa kami yang sudah berjuang dari tingkat  pertama sampai kemudian lolos ke tingkat nasional,” ucap Rusmin kepada Radar Cirebon.

Menurut Rusmin, pihak sekolah akan mendukung secara penuh persiapan Ian menuju KSN tingkat nasional. Siswa yang lolos juga akan dilatih dan diberikan pembekalan secara intensif baik tatap muka atau online.

“Kami juga berharap bahwa ini menjadi motivasi kepada siswa siswa di seluruh Kota Cirebon, bahwa kita ini mampu untuk bersaing di tingkat nasional,”tutur Rusmin.

Berdasarkan surat dari Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud, pada 22 Oktober 2020, dari babak penyisihan terpilih 204 peserta untuk masing-masing mata pelajaran yang akan berlaga di tingkat nasional. Yaitu, 204 peserta bidang matematika, 204 peserta bidang IPA, dan 204 peserta bidang IPS.

Kota Cirebon sendiri diwakili oleh 2 siswa yang maju untuk kategori mata pelajaran matematika dan 1 siswa untuk kategori mata pelajaran IPS. Untuk tahun ini tak ada satupun siswa Kota Cirebon yang lolos KSN untuk kategori mata pelajaran IPS. (awr/opl)

https://www.youtube.com/watch?v=4d2L-r8twA0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: