Pilpres Amerika Serikat, Trump Terus Menyodok

Pilpres Amerika Serikat, Trump Terus Menyodok

WASHINGTON- US Election atau Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat menyajikan persaingan ketat antara dua calon yakni Donald Trump dan Joe Biden. 

Donald Trump diproyeksikan menang di Florida, namun rivalitas masih berlangsung di negara bagian kunci pertarungan lainnya, seperti Georgia, Pennsylvania, Wisconsin, Michigan, Arizona, Texas, dan North Carolina.

Seorang penasihat Donald Trump mengungkap peran penting Florida.

\"Jika Florida jatuh ke Biden, maka pertandingan selesai. Namun, jika Florida dimenangi Trump, maka pertarungan masih berlanjut,\" kata sang penasihat kepada CBS, mitra BBC di AS.

Sejauh ini beberapa negara bagian yang menjadi kantung kekuasaan Demokrat dan Republik telah merampungkan pemungutan suara dan belum ada kejutan berarti.

Kebanyakan negara bagian condong pada salah satu partai, sehingga fokus setiap capres biasanya tertuju pada 12 atau lebih negara bagian yang peluang kemenangannya 50-50. Negara-negara bagian ini dijuluki \'battleground states\' atau negara bagian kunci pertarungan.

Hingga berita ini diturunkan, Biden sudah memenangi pemilihan di 224 negara bagian. Sedangkan Trump sudah menang di 213 negara bagian. 

Trump tampaknya terus menyodok, lantaran pagi ini waktu Indonesian saat Biden sudah mengumpulkan kemenangan di 200 lebih negara bagian, Trump sempat terkunci dengan kemenangan di 165 negara bagian. 

Trump saat ini sedang memimpin di beberapa negara bagian seperti Iowa, Michigan, Carolina Utara, Florida, Georgia.

Sementara Biden memimpin di Nevada, Arizona, New Hampsire. (yud/bbc/associated press)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: