Liburan Usai, Masyarakat Harus Uji Tes atau Swab Test Covid -19

Liburan Usai, Masyarakat Harus Uji Tes atau Swab Test  Covid -19

JAKARTA – Libur panjang sudah selesai. Masyarakat yang kembali dari perjalanan libur diminta segera melakukan uji tes cepat atau swab test untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

“Satgas mengingatkan masyarakat yang sudah kembali dari perjalanan libur panjang segera melakukan testing. Bisa tes cepat atau tes usap. Ini penting untuk mengantisipasi dan melakukan langkah lebih lanjut jika ada yang tertular,” ujar Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa (3/11).

Dia mengatakan apabila hasil testing positif, harus segera melakukan karantina di fasilitas yang telah ditetapkan pemerintah. Selain itu, wajib mengikuti anjuran tenaga kesehatan. Tujuannya, agar perawatan atau treatment dapat berjalan efektif dan mempercepat kesembuhan. Sehingga angka kematian dapat ditekan.

Selain, disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak), lanjutnya, masyarakat diminta mendukung upaya 3T (Testing, Tracing, dan Treatment). “Yang terpenting adalah bersikap terbuka ketika tracing dilakukan oleh petugas kesehatan,” terangnya.

Menurut Wiku, keterbukaan masyarakat adalah kunci utama dalam melacak kontak terdekat. Sekaligus memastikan mereka memperoleh perawatan lebih cepat ini dan lebih baik.

“Pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Satgas Penanganan COVID-19 telah mengadakan koordinasi. Baik sebelum maupun setelah libur panjang. Ini untuk mengantisipasi potensi kenaikan kasus positif. Mulai dari pintu kedatangan maupun fasilitas kesehatan,” paparnya.(rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=mxO62D2u7Fo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: