Kebutuhan Penanganan Pasien Covid-19 Disiapkan di Seluruh Indonesia

Kebutuhan Penanganan Pasien Covid-19 Disiapkan di Seluruh Indonesia

JAKARTA – Pemerintah sudah menyiapkan kebutuhan penanganan pasien Covid-19 di berbagai daerah. Saat ini terdapat 422 laboratorium pemeriksaan PCR (Polymerase Chain reaction) dan TCM (tes cepat molekuler) yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Pemerintah telah menyiapkan stok reagen PCR untuk 795 ribu spesimen, dan reagen RNA sebanyak 686 ribu spesimen,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa (4/11).

Selain itu, penyediaan obat penanganan pasien mengacu pada Protokol Tata Laksana Covid-19. Sebagian besar obat tersebut telah diproduksi oleh industri farmasi nasional. Bahan bakunya juga telah masuk ke Indonesia sejak April 2020. “Per 31 Oktober 2020, obat sudah didistribusikan ke 34 dinas kesehatan provinsi dan 779 rumah sakit,” lanjut Wiku.

Untuk mengantisipasi pemenuhan kebutuhan obat hingga Desember 2020, pemerintah melakukan pengadaan obat. Di sisi lain, pemerintah juga terus mencanangkan dan meningkatkan kedisiplinan pelaksaanaan protokol kesehatan di seluruh lapisan masyarakat untuk terus menekan angka kasus.

“Disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) tetap harus dilakukan secara konsisten. Masyarakat hareus mematuhinya. Jadikan 3M ini kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya. (fin)

https://www.youtube.com/watch?v=mxO62D2u7Fo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: