Baru Terjadi, 46 Kasus Baru dalam Satu Hari

Baru Terjadi, 46 Kasus Baru dalam Satu Hari

CIREBON - Penambahan kasus tekonfimasi positif Covid-19 asal Kota Cirebon memecahkan rekor. Sabtu (7/11), terjadi penambahan 46 kasus positif sekaligus dalam satu hari. Jumlah penambahan paling banyak sejak terjadinya wabah pandemi di Kota Cirebon.

Dengan penambahan kasus tersebut, maka jumlah total pasien positif Covid-19 asal Kota Cirebon sejak awal pandemi mencapai 586 orang. Sebanyak 199 di antaranya masih dalam status isolasi/perawatan, 356 selesai isolasi atau sudah sembuh, serta 31 orang sebelumnya telah dinyatakan meninggal dunia.

Penambahan kasus per hari Sabtu (17/11), didominasi penambahan pada kalangan kluster keluarga dengan 38 orang. Penambahan sisanya pada kluster pelaku perjalanan 4 orang, kluster perkantoran 3 orang, dan kluster fasilitas kesehatan 1 orang.

Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cirebon dr Sri Laelan Erwani mengatakan, penambahan kasus positif tersebut, 25 orang di antaranya merupakan warga yang melakukan swab test mandiri. Sisanya merupakan kumulatif dari kontak erat yang statusnya menjadi terkonfirmasi setelah hasil swabnya positif.

Pihaknya menyoroti adanya kemunculan kasus pada segi masyarakat yang melakukan swab test mandiri, yang akhir-akhir ini memang jumlah peserta tes mandiri cukup banyak.

“Ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat sudah mulai aware terhadap Covid-19. Mereka dengan kesadaran sendiri melakukan tes mandiri, ternyata hasilnya positif,” ungkapnya.

Setelah dinyatakan positif juga diharapkan masyarakat sudah paham cara isolasi mandirinya seperti apa. Jika tidak bergejala atau bergejala ringan bisa isolasi mandiri, di kediamannya jika kondisinya memungkinkan, atau di fasikitas isolasi terpusat yang sudah disediakan satgas pada 2 hotel.

Namun, jika merasakan gejala yang berdasarkan penilaian tim surveilance itu berada pada kategori sedang dan berat, maka harus segera menjalani perawatan intensif di rumah sakit yang telah tersedia layanan penanganan perawatan Covid-19.

Penamban kasus positif covid-19 yang melonjak ini sebetulnya telah diprediksi sebelumnya. Ini terjadi pada jangka waktu satu minggu setelah liburan panjang long weekend. Kondisi serupa juga pernah terjadi ketika berlangsung long weekend, walaupun jumlahnya tidak sebanyak sekarang.

Kepala Dinas Kesehatan kota Cirebon dr H Edy Sugiarto MKes bahkan telah mempersilakan masyarakat Kota Cirebon yang habis bepergian dari  luar kota pada  long weekend, bisa mendaftar ikut swab test masal. Disediakan pemkot, sejak Senin-Kamis di gedung BKKBN, sedangkan Jumat-Sabtu bisa mendaftar ikut swab test masal di puskesmas-puskesmas sesuai domisilinya. (azs)

https://www.youtube.com/watch?v=uLXKYmyV_GY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: