Satgas: Kasus Covid di Indonesia Terkendali.

Satgas: Kasus Covid di Indonesia Terkendali.

JAKARTA – Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menilai perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia relatif terkendali. Indikasinya adalah persentase kasus aktif Indonesia yang berada di bawah angka global.

“Kalau kita lihat secara nasional, angka kasus aktif adalah 12,52 persen sedangkan di dunia kasus aktifnya adalah 26,79 persen. Jadi kita lebih rendah dan selisihnya 14,27 persen,” kata Wiku di media center Satgas Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (9/11).

Menurut Wiku, Indonesia mencapai angka tersebut setelah terjadi kenaikan kasus setelah beberapa libur panjang. Selain itu, juga mengalami penambahan di atas 4.000 kasus per hari pada September 2020.

Kasus aktif atau pasien yang masih menjalani perawatan akibat COVID-19 terus mengalami penurunan dari waktu ke waktu. “Hal itu bisa dicapai berkat kerja sama yang baik antara semua pihak terutama pemerintah dan masyarakat. Ini adalah suatu prestasi nasional bersama untuk mengendalikan kasus,” paparnya.

Selain tren kasus aktif, Indonesia mencatatkan peningkatan kasus sembuh yang cukup signifikan. Dengan persentase angka kesembuhan sampai saat ini telah mencapai 84,14 persen, dibandingkan angka rata-rata global sebesar 70,71 persen.

“Karena itu, disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak), harus terus dilakukan. Dimana pun dan kapan pun, protokol kesehatan ini wajib dipatuhi. Ini demi mencegah terjadinya penularan,” pungkasnya.(rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=8Xg4wqoHoWg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: