PB IDI Tegaskan Masyarakat Harus Jadi Garda Terdepan

PB IDI Tegaskan Masyarakat Harus Jadi Garda Terdepan

JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng Mohammad Faqih menegaskan masyarakat harus tetap menjadi garda terdepan dalam perang melawan pandemi COVID-19.

“Untuk menerapkan protokol kesehatan, seluruh elemen masyarakat harus jadi garda terdepan. Bukan hanya pemerintah, Satgas atau petugas kesehatan saja. Namun, seluruh lapisan masyarakat. Karena itu, disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) wajib dilakukan,” tegas Daeng dalam diskusi virtual di Jakarta, Selasa (10/11).

Ada pun tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam hal pelayanan kesehatan. Mereka berperan untuk testing (pengujian) tracing (pelacakan) dan treatment (penanganan).

Menurutnya, selama ini banyak orang hanya melihat dokter, perawat atau bidan sebagai garda terdepan dalam melayani pasien COVID-19. Padahal, banyak sekali tenaga kesehatan yang ikut berjuang. Namun jarang terlihat.

Di antaranya ada tenaga radiologi, pemeriksa laboratorium, pemberi nutrisi bagi pasien COVID-19 yang sedang dirawat, tenaga kebersihan ruang isolasi hingga orang yang bertugas membersihkan sampah-sampah medis. “Mereka merupakan garda terdepan dalam melawan pandemi COVID-19,” pungkasnya.(rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=RD6JzRchwDw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: