Tentara India dan Pakistan Bentrok di Perbatasan Kashmir

Tentara India dan Pakistan Bentrok di Perbatasan Kashmir

JAKARTA – Pasukan India dan Pakistan terlibat bentrokan bersenjata di perbatasan Kashmir pada Jumat (13/11/) waktu setempat. Pertempuran berdarah antar dua negara bertetangga tersebut dilaporkan memakan korban hingga belasan.

Dikutip dari AFP, Sabtu (14/11), dalam bentrokan di perbatasan Kashmir itu, tentara India dan Pakistan saling serang menggunakan senjata artileri. Korban tewas dalam insiden bersenjata tersebut sebanyak 13 orang serta puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Laporan media lokal menyebut, pertempuran memaksa ratusan penduduk yang tinggal di sepanjang garis kontrol (LoC) di teritori India meninggalkan rumah dan desa mereka menghindari potensi terburuk.

Sementara itu, pejabat Pakistan mengatakan, bahwa puluhan rumah milik orang Pakistan yang berada di wilayah India dibakar oleh penduduk asli setempat. Belum ada keterangan resmi dari otoritas India mengenai tuduhan tersebut.

Juru bicara militer dan kepolisian India mengatakan, empat tentara dan empat warga sipil India, termasuk seorang anak-anak berusia 8 tahun tewas. Korban luka baik dari militer maupun sipil sejauh ini dilaporkan sebanyak 12 orang.

“Pakistan menggunakan mortar dan senjata lain. Merea juga menargetkan area warga sipil,” demikian pernyataan militer India.

AFP juga melaporkan, bahwa setidaknya ada lima pertempuran tentara India-Pakistan di sepanjang perbatasan tidak resmi sejauh 740 kilometer.

Menteri senior Pakistan Kashmir mengatakan, lima orang tewas dan 31 terluka dalam pertempuran sengit di Lembah Neelum dan Jhelum.

Militer Pakistan mengonfirmasi satu orang yang tewas merupakan tentara. India dan Pakistan saling berbalas tembakan artileri di Garis Kontrol dan selalu saling menyalahkan.

Meski bertetangga, hubungan antara India dan Pakistan selalu ‘panas dingin’. Selama puluhan tahun, hubungan kedua negara selalu terganjal konflik perebutan wilayah Kashmir.

Kashmir merupakan sebuah daerah sekitar pegunungan Himalaya yang terletak di utara India dan Pakistan. New Delhi dan Islamabad sama-sama mengklaim wilayah tersebut berada dalam kekuasaannya.

India dan Pakistan tercatat telah berperang sebanyak dua kali memperebutkan wilayah Kashmir, yakni pada Perang India-Pakistan pada 1947 dan pada 1999 dalam Perang Kargil. (der/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=Ek81_XdetKs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: