Pengalaman Pertama Terjun ke Dunia Politik

Pengalaman Pertama Terjun ke Dunia Politik

“Pengenya agak lebih lama agar detail membahasnya. Namu, jadwal dan deadline waktu yang semakin mepet, membuat pembahasanya dipadatkan, sehingga menghasilkan kesepakatan APBD 2021 yang  sudah optimal,” ujar Affiati.

Kalau dilihat dari kinerja keseluruhan, dia melihat banyak perubahan. Anggota DPRD Periode 2019-2024 sebagian besar adalah wajah-wajah baru. Namun, Affiati melihat semangat kerja yang ditunjukkan oleh masing-masing anggota DPRD sudah cukup baik, kedepanya bahkan bisa terus ditingkatkan agar lebih baik lagi.

TERKAIT HUBUNGAN DENGAN EKSEKUTIF

Affiati mengakui selama ini berupaya terus menjaga untuk tetap sinergi. Seperti yang diketahui bahwa pembahasan-pembahasan apapun harus ada kesepakatan. Sebelum acara pembahasan, persoalan yang berpotensi muncul dapat diselesaikan sebelum berangkat ke forum pembahasan.

Sebagai pimpinan harus berada di tengah-tengah antara keinginan anggota DPRD dan keinginan eksekutif. Jangan sampai keinginan DPRD dan kemampuan pihak eksekutif tidak meneumukan solusi, inilah tugas dan fungsi pimpinan untuk memjembatani keinginan-keinginan tersebut.

“Saya nggak mau saat paripurna diinterupsi, persoalan apapun harus sudah selesai sebelum rapat paripurna. Intens berkomunikai dengan Walikota, Wakil Walikota, Sekda, agar hubungan antara eksekutif dan legislatif terus harmonis di tengah dinamika yang terus bergulir,” imbuhnya.

Selain itu, dalam setiap kebijakan pengambilan keputusan di internal DPRD maupun yang kaitana kesepakatan dengan eksekutif, jalanya tidak harus voting. Walaupun proses tersebut tidak dilarang, tapi selama bisa dihindari itu bisa jadi lebih baik. (azs)

https://www.youtube.com/watch?v=VPJrYBPr5iM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: