Pelaksanaan Vaksinasi Dilakukan Bertahap

Pelaksanaan Vaksinasi Dilakukan Bertahap

 JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan, vaksinasi merupakan upaya mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat.

Selain itu, dikatakan Muhadjir Effendy, untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh. Dengan begitu, akan mendorong produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

Lebih lanjut, Muhadjir Effendy menegaskan, pelaksanaan vaksinasi nantinya akan dilakukan bertahap sesuai urutan prioritas.

Disampaikan, sesuai rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group Immunization (ITAGI), prioritas pemberian imunisasi Covid-19 terdiri dari petugas medis seperti, staf medis rumah sakit, dokter, perawat dan seluruh petugas yang bekerja di fasilitas pelayan kesehatan.

“Kemudian prioritas selanjutnya adalah petugas pelayanan publik (esensial worker) misalnya, anggota TNI–Polri, petugas bandara, stasiun kereta api, pelabuhan, pemadam kebakaran, PLN, PAM yang bertugas di lapangan,” paparnya, dikutip dari laman resmi Satgas Covid-19.

Lantas, Muhadjir Effendy menyarankan, agar menjadikan penggunaan vaksin betul-betul efisien, perlu memperhitungkan geolokasi karena sebaran virus Covid-19 tidak merata di Indonesia.

“Selain mereka yang berada di garis depan, juga harus memperhatikan mobilitas penduduk dan wilayah sebaran virus. Karena seperti kita ketahui, sebaran virus tidak merata di Indonesia,” tandasnya.

Diketahui, vaksin Covid-19 sudah tiba di Tanah Air pada Minggu (6/12). Hal ini menjadi bukti upaya serius Pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Meski begitu, pemberian vaksin belum bisa dilakukan, sebab masih menunggu hasil evaluasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk izin penggunaannya.(pojoksatu)

https://www.youtube.com/watch?v=2N3QL7aB45o

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: