70 Persen Populasi untuk Ciptakan Kekebalan

70 Persen Populasi untuk Ciptakan Kekebalan

JAKARTA – Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan dibutuhkan sekitar 70 persen populasi untuk mewujudkan kekebalan komunitas atau herd immunity.

Hal itu disampaikan Wiku terkait persiapan vaksinasi COVID-19 yang saat ini sedang dalam tahap pengujian oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Vaksinasi adalah salah satu upaya penanganan pandemi COVID-19 yang bertujuan mewujudkan kekebalan komunitas atau herd immunity. Membutuhkan sekitar 70 persen populasi untuk membentuk kekebalan komunitas,” jelas Wiku dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa.

Selain persentase populasi yang menerima vaksin, keberhasilan mewujudkan kekebalan komunitas juga bergantung pada efektivitas vaksin. “Dapat disimpulkan dampak vaksin terhadap pengendalian transmisi COVID-19 akan berlangsung bertahap,” tuturnya.

Karena itu, lanjut Wiku, sebelum kekebalan komunitas atau herd immunity terbentuk, seluruh pihak harus tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kuncinya disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak). Patuhi dan laksanakan dalam aktivitas sehari-hari,” paparnya.(rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=qANpRa9SC8Y

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: