Cegah Abrasi Sungai Kedungpane, Warga Kelurahan Kesenden Tanam Pohon

Cegah Abrasi Sungai Kedungpane, Warga Kelurahan Kesenden Tanam Pohon

CIREBON - Petugas gabungan dari Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon melakukan aksi penanaman 200 pohon. Penanaman pohon tersebut untuk mencegah abrasi dan longsor di sapanjang tanggul atau Bantara Sungai Kedungpane RW 01, Kelurahan Kesenden.

Penamaan pohon yang dipimpin langsung Lurah Kesenden Ruliyanto ini juga melibatkan seluruh ketua RW, Ketua RT, LPM, Babinsa, Babinkamtibmas dan sejumlah mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Cirebon.

Tiga jenis pohon yang ditanam yakni jenis Surian, Gamelia dan Manglid. Ketiga pohon ini ditanam merata ke daerah-daerah di wilayah Kelurahan Kesenden yang rawan banjir dan abrasi.

\"Tujuan penamaan di sepanjang Sungai Kedungpane dan sekitar pantai guna mencegah terjadinya abrasi atau pengikisan dari air laut,\" ujar Lurah Kesenden Ruliyanto kepada radarcirebon.com, Jumat (11/12).

Diungkapkan mantan kasi penanggulangan sampah Dinas Lingkungan Kota Cirebon ini, ratusan pohon tersebut merupakan bantuan dari Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Nuswantara (FLHBN) Cirebon.

\"Begitu menerima bantuan pohon itu, saya langsung berkoordinasi dengan seluruh RW se-Kelurahan Kesenden untuk menentukan titik-titik atau lokasi mana yang akan ditanam pohon tersebut,\" ungkapnya.

Lurah Kesenden meminta agar masyarakat bersama-sama menjaga dan merawat pohon tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Forum Peduli Lingkungan Hidup dan Budaya Nuswantara (FPLHBN) Cirebon menyerahkan bantuan 200 batang bibit pohon kepada Kelurahan Kesenden, Senin (30/11).

Ke-200 bibit pohon tersebut rencananya disebar ke setiap RW se-kelurahan Kesenden. (rdh)

https://youtu.be/1lSyq0hJmps

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: