Lezatnya Daging Asap Khas NTT

Lezatnya Daging Asap Khas NTT

MASYARAKAT Cirebon semakin banyak mendapatkan pilihan kuliner. Sei Sapi, salah satu makanan khas dari Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya dari Rote Ndao kini bisa dinikmati oleh para pecinta kuliner nusantara.

Salah satu kedai yang menyajikan Sei Sapi istimewa adalah kedai BSC di Jalan Pembangunan VIII. Kedai ini dibuka sejak bulan Juli lalu dan telah mendapatkan atensi cukup baik dari para pecinta kuliner.

Ryan, Pemilik kedai BSC mengatakan, Sei Sapi sendiri merupakan daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang. Daging kemudian diasapi dengan bara sampai matang. Selain untuk menambah cita rasa, pengasapan juga berfungsi agar daging sapi bisa bertahan lebih lama. “Pengasapanya bisa sampai 3-4 jam. Jadi matangnya dari asap,” ungkap Ryan.

Daging yang digunakan untuk Sei, kata Ryan adalah bagian has dalam. Dimana has dalam sendiri merupakan salah satu bagian daging sapi favorit karena mempunyai tekstur empuk karena tidak mengandung lemak. Daging bagian ini juga sering diolah menjadi steak.

“Kalau disini ada dua yang menjadi favorit, yaitu Sei Sapi dan Sei Lidah Sapi,” ucapnya.

Untuk menambah selera, Sei Sapi disajikan bersama dengan toping sambal matah atau sambal geprek beserta dengan irisan mentimun yang masih segar. Selain itu, ada pula kuah bening yang disajikan bersama dengan nasi gurih. Satu porsi hidangan lezat tersebut hanya dibanderol mulai dari Rp23 ribu.

“Selain Sei Sapi, ada juga menu steak dan seafood yang menjadi favorit. Tapi Sei ini cukup istimewa karena merupakan makanan khas dari NTT dan ternyata banyak juga yang suka,” ucapnya.

Kedai BSC buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 Wib. Masyarakat juga memesan Sei Sapi melalui aplikasi pesan antar. (awr)

https://www.youtube.com/watch?v=i2FKb1kLh2A

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: