Sosialisasi Prokes Berhasil Berkat Jurnalis Menjadi Peserta FJPP

Sosialisasi Prokes Berhasil Berkat Jurnalis Menjadi Peserta FJPP

JAKARTA – Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo menyebut, 62 persen keberhasilan sosialisasi perubahan perilaku protokol kesehatan bisa dilakukan atas peran jurnalis yang menjadi peserta Fellowship Jurnalis Perubahan Perilaku (FJPP).

“Sebelum program fellowship ini dilaksanakan, begitu banyak informasi hoaks yang beredar terkait COVID-19. Ini menjadi beban berat bagi Satgas COVID-19 dalam mencegah kabar bohong di tengah masyarakat,” kata Doni saat memberikan keterangan pada kegiatan Pembekalan Wapres Ma’ruf Amin untuk peserta Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku melalui via zoom, Senin (14/12).

Namun, dengan adanya program ini, 62 persen keberhasilan program sosialisasi COVID-19 di Indonesia bisa dilakukan karena dibantu jurnalis. “Para awak media ini mampu menangkal berbagai berita hoaks yang beredar terkait COVID-19 di Indonesia. Terutama mensosialisasikan disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak),” imbuh Doni.

Menurutnya, jurnalis memiliki peran sebagai agen perubahan perilaku untuk penanggulangan pandemi COVID-19. Dia berharap program FJPP ini bisa berlanjut hingga Maret 2021 mendatang.

“Tanpa bantuan kawan-kawan jurnalis peserta program fellowship ini, kita akan kewalahan menghadapi serangan hoaks yang terjadi. Namun, dengan adanya program ini, hoaks terkait COVID-bisa ditangkal dengan pemberitaan yang baik oleh jurnalis,” ucap mantan Danjen Kopassus ini.

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin mengatakan insan pers memiliki peran sentral sebagai kunci sukses menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

“Untuk itu peran media sangat diperlukan untuk membantu pemerintah guna menyosialisasikan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan. Saya setuju jika program ini dilanjutkan karena untuk menyosialisasikan protokol kesehatan ini tidak bisa terputus ketika vaksin diberikan. Ini harus diteruskan pasca pandemi. Karena banyak hal yang perlu disampaikan kepada masyarakat,” papar Ma’ruf.

Dia meminta dukungan insan pers agar bisa mendukung sosialisasi vaksinasi. Tujuannya agar masyarakat memahami pentingnya vaksinasi untuk pencegahan penanggulangan COVID-19. (rls/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=IOMVk6w1paI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: