Terkait Kerumunan Habib Rizieq, Ridwan Kamil: Mahfud MD Harus Ikut Tanggung Jawab

Terkait Kerumunan Habib Rizieq, Ridwan Kamil: Mahfud MD Harus Ikut Tanggung Jawab

BANDUNG- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta Menkopolhukam Mahfud MD untuk turut bertanggung jawab atas kerumunan penjemputan Habib Rizieq Shihab (HRS).

“Izinkan saya beropini secara pribadi terhadap rentetan acara hari ini. Pertama, menurut saya, semua kekisruhan yang berlarut-larut ini dimulai sejak adanya statementdari Pak Mahfud, di mana penjemputan HRS ini diizinkan,\" ujar dia, usai diperiksa di Polda Jabar.

Mahfud diketahui sempat menyampaikan keterangan terkait penjemputan HRS di Bandara Soetta. Saat itu diketahui Mahfud mengizinkan asalkan dilakukan dengan tertib.

Baca juga: Tuntut HRS Bebas, Istana Didemo 1812 Jumat Ini

Menurut Emil, pernyataan tersebut menjadi tafsir yang berbeda di tengah-tengah masyarakat. 

“Di situlah menjadi tafsir dari ribuan orang yang datang ke bandara \'selama tertib dan damai boleh\', sehingga terjadi kerumunan yang luar biasa. Nah, sehingga ada tafsir ini seolah-lah diskresi dari Pak Mahfud kepada PSBB di Jakarta, di Jabar, dan lain sebagainya,\" tutur Emil.

Menurut Emil, untuk mencapai keadilan, Mahfud Md pun diharapkan bertanggung jawab. 

“Dalam Islam, adil itu adalah menempatkan sesuatu sesuai tempatnya. Jadi beliau harus bertanggung jawab, tidak hanya kami kepala daerah yang dimintai klarifikasinya. Jadi semua punya peran, yang peran yang perlu diklarifikasi,\" tutur Emil. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: