Saling Ingatkan Protokol Kesehatan

Saling Ingatkan Protokol Kesehatan

MAJALENGKA- . Divisi Komunikasi Publik, Perubahan Perilaku, dan Penegakan Aturan (KP4A) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Jabar terjun langsung bersama unsur lain yang terdiri dari Polda, Kodam, Dishub bekerjasama dengan unsur dari Kabupaten Majalengka untuk melaksanakan Operasi Gabungan Patroli Pengawasan Disiplin Kesehatan di Kabupaten Majalengka tepatnya di Kecamatan Rajagaluh, Kamis (17/12).

Menurut Kabid Pembinaan Masyarakat dan Aparatur (PMA) Satpol PP Provinsi Jawa Barat H Wardana, operasi gabungan ini dalam rangka sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait penanganan covid-19.

“Kabupaten Majalengka tercatat sebagai salah satu wilayah yang menjadi zona merah, sehingga diperlukan adanya sosialisasi dan pembinaan yang lebih intens,” ujarnya.

Rajagaluh sendiri dipilih karena peningkatan kasus covid-19nya cukup tinggi selain Kecamatan Leuwimunding. “Oleh karenanya kita berupaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dengan sosialisasi, edukasi dan sanksi sosial,” kata Wardana.

Dalam kegiatan ini dilakukan operasi penegakan aturan yang berbentuk operasi yustisi dan operasi non yustisi. Memberikan catatan kepada pelanggar khususnya yang tidak menggunakan masker atau perbuatan lainnya yang melanggar prokes.

“Sekarang ini yang paling efektif dan sederhana adalah dengan menggunakan masker. Operasi yustisi yang kita lakukan bertujuan agar masyarakat yang melanggar kemudian diberikan sanksi sehingga ada efek jera. Yang paling penting adanya perubahan perilaku pada warga di Majalenga ini, ” tandas Wardana.

Dikatakan penerapan disiplin dalam protokol kesehatan harus dimulai dari para petugas. Kemudian masyarakat dengan terus menyuarakan semangat Gerakan Saling Mengingatkan (GSM) taat terhadap protokol kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Majalengka H Iskandar Hadi Priyanto SSos MSi menjelaskan status zona merah di Kabupaten Majalengka membuat Satgas Covid-19 terus melakukan berbagai upaya..

“Kami meminta kepada segenap masyarakat untuk terus melaksanakan disiplin kesehatan dengan mengacu protokol kesehatan. Masyarakat diharapkan bahu membahu melakukan gerakan saling mengingatkan agar kita selalu waspada,” harap Iskandar. (ara)

https://www.youtube.com/watch?v=eWwYhZDQzrU&t=3s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: