Priok Bikin Macet Jakarta-Bekasi, Patimban Solusinya

Priok Bikin Macet Jakarta-Bekasi, Patimban Solusinya

SUBANG - Soft Launching dan Pengoperasian Perdana Pelabuhan Internasional Patimban resmi dilakukan, Minggu (20/12/2020).

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meresmikan secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor.

Presiden mengatakan, pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) memiliki peran penting dan strategis dalam upaya meningkatkan perekonomian di Jabar maupun nasional.

Baca juga: Mengejutkan, Ini Luka di Tubuh 6 Laskar FPI yang Tewas, Ada yang Kena Empat Tembakan

\"Dan juga berfungsi memperkuat keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok (di Jakarta) yang sekarang ini sudah terlalu padat serta menimbulkan kemacetan di ruas jalan Bekasi-Jakarta dan Jakarta-Bekasi,\" kata Presiden melalui video konferensi.

Selain itu, dengan lokasi yang strategis antara Bandara Kertajati di Majalengka dan kawasan industri di Bekasi-Karawang-Purwakarta, Presiden meyakini, Pelabuhan Patimban akan menjadi kunci penghubung antarkawasan, seperti industri manufaktur, pariwisata, sentra pertanian, serta menopang percepatan ekspor.

Meski begitu, Presiden mengingatkan agar kehadiran Pelabuhan Patimban juga harus mendukung ekspor produk lain, yang menggerakkan ekonomi UMKM, pertanian, hingga industri kreatif sehingga mampu bersaing di pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: