PGI Imbau Ibadah Natal Virtual

PGI Imbau Ibadah Natal Virtual

JAKARTA-Gereja diminta melakukan ibadah Natal secara online. Hal ini dinilai sangat penting. mengingat masih ada risiko terpapar Covid-19.

“Mengimbau gereja-gereja sedapat mungkin tetap menyelenggarakan ibadah Natal. Namun, secara virtual saja,\" kata Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Pendeta Jacklevyn Frits Manuputty dalam diskusi Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (21/12).

Namun, jika memang memungkinkan untuk mengadakan ibadah tatap muka, maka wajib berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat.  “Selain itu, pihak gereja wajib menerapkan protokol kesehatan. Disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) harus dipatuhi dan dilaksanakan secara ketat,” imbuhnya.

Menurutnya, gereja harus tetap melakukan standar peribadatan di masa Covid-19. Yakni mengurangi kapasitas jemaat, persiapan teknis sesuai standar protokol kesehatan dan penyederhanaan liturgi untuk mempersingkat waktu ibadah.

“Jika memang akan melakukan ibadah tatap muka, pihak gereja harus melakukan edukasi kepada jemaat untuk mempersiapkan diri, melindungi diri sendiri dan orang lain,” ujarnya.

Dikatakan, ibadah Natal 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, gereja sejak awal tahun lalu, sudah mulai membiasakan diri dengan adaptasi kebiasaan baru.

“Beribadah dari rumah tidak mengurangi keimanan seseorang. Saat Natal tahun ini biarlah menjadi peristiwa keluarga. Makna Kristus yang hadir memperkuat solidaritas, spiritualitas berbasis keluarga,” pungkas Jacklevyn. (rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=yz5L8uZzk5I&t=9s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: