Tarik Kunjungan Wisatawan, Kaprabonan Cirebon Gelar Apresiasi Seni

Tarik Kunjungan Wisatawan, Kaprabonan Cirebon Gelar Apresiasi Seni

CIREBON - Guna menarik kunjungan wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru 2020, Keraton Kaprabonan Cirebon menggelar pementasan apresiasi seni tradisional khas Cirebon.

Pementasan seni tersebut dipusatkan di halaman depan Tajug atau Musala Kramat Keraton Kaprabonan.

Para nayaga berpakaian adat melantunkan alunan gamelan Kaprabonan dengan syair-syair tentang kisah Cirebon.

Selain pementasan gamelan, Keraton Kaprabonan juga persembahkan tarian tradisional Cirebonan dan Sunda seperti tari topeng Cirebon dan jaipongan Sunda.

Sultan Keraton Kaprabonan, Pangeran Hempi Raja Kaprabon mengatakan, pagelaran seni tersebut juga bertujuan untuk melestarikan budaya Cirebon.

\"Kegiatan apresiasi seni dan budaya ini digelar sebagai pelestarian kesenian dan budya daerah Cirebon juga bertujuan untuk menarik wisatawan dapat berkunjung ke Keraton Kaprabonan di libur Natal dan Tahun Baru ini,\" katanya.

Menurut Pangeran Hempi, apresiasi seni ini bukan yang pertama kalinya digelar.

\"Sudah beberapa kali kami gelar. Namun karena saat ini masih pandemi Covid-19, maka kami gelar secara sederhana di dalam Keraton. Tadinya mau kami gelar di lapangan alun-alun Kebumen, tapi sekarang sedang direvitalisasi,\" ujarnya.

Selain tarian dan musik tradisional, masih kata Hempi, kegiatan tersebut juga menampilkan kesenian Hadroh.

\"Kegiatan ini kami tetap melakukan protokol kesehatan dan tidak mengundang orang banyak hanya kerabat saja. Besoknya, kami juga menggelar pemberian santunan ke panti asuhan dan panti jompo,\" imbuhnya. (rdh)

https://youtu.be/g6NGOeF8uZs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: