Tabalong Jadi Daya Tarik Bantaran Sungai Cikalong Kota Cirebon

Tabalong Jadi Daya Tarik Bantaran Sungai Cikalong Kota Cirebon

CIREBON - Area di bantaran Sungai Cikalong di Kelurahan Larangan, Kota Cirebon, kini diubah menjadi suatu taman yang indah.

Taman yang diberi nama Taman Bacaan Cikalong (Tabalong) ini banyak menarik perhatian warga yang melintas dan menyempatkan mampir ke taman tersebut.

Ada yang menarik dari taman ini yakni beridirnya sebuah bangunan yang berbentuk unik atau berbentuk segitiga. Bangunan tersebut sengaja dibuat sebagi pusat kegiatan belajar atau edukasi sungai dan lingkungan bagi masyarakat.

Menurut Niko, pengelola Tabalong kepada radarcirebon.com, kegiatan edukasi sungai tersebut akan baru dimulai pada Januari 2021 mendatang.

\"Edukasi ini terbuka untuk masyarakat umum dan pelajar. Banyak masyakarat menilai bangunan berbentu segitiga ini bernuansa Eropa. Namun bangunan ini sebetulnya sama atau mirip dengan rumah adat Tambo di Sulawesi yang dibuat menggunakan sebagian besarnya adalah material kayu,\" ujarnya.

Selain bangunan, lanjut Niko, di taman tersebut terdapat sejumlah jenis pohon yang khusus ditanam di bantaran sungai atau kali.

\"Taman Tabalong ini dibangun atas kepedulian dari komunitas sungai bekerja sama dengan pihak BBWS dan Pemkot Cirebon untuk memanfaatkan area bantaran Sungai Cikalong,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: