Terlaknat! Lagu Indonesia Raya Diparodikan, Garuda Diganti Ayam

Terlaknat! Lagu Indonesia Raya Diparodikan, Garuda Diganti Ayam

UNGGAHAN di Akun YouTube MY Asean tengah jadi polemik. Dalam kontennya, ada video lagu Indonesia Raya yang diparodikan dan dilecehkan. “Indonesia Raya Instrumental (Parody + Lyrics Video,” demikian judul video tersebut.

Video penghinaan lagu Indonesia Raya itu dilakukan pemilik akun MY Asean yang memakai bendera Malaysia sebagai foto profilnya.

Hinaan melalui video itu dimulai dengan latar belakang bendera Merah Putih.

Baca juga: Klaster Pesantren Muncul Lagi di Kabupaten Cirebon, 87 Santri Positif Covid-19

Dalam video itu, bukan lirik Indonesia Raya saja yang diubah, tapi juga Garuda Pancasila yang diubah menjadi ayam. Kemudian kalimat \"Bhinneka Tunggal Ika\" dituliskan secara terbalik. Kata-kata tak pantas dijadikan lirik lagu dengan nada lagu Indonesia Raya.

Video tersebut diduga diunggah sekitar 2 pekan lalu, dan kini sudah dihapus. Namun, beberapa akun di Youtube sempat mengunduhnya dan mengunggahnya kembali.

Baca juga: Perawat dan Pasien Covid-19 yang Berhubungan Badan di RS Wisma Atlet, Ternyata Kenalan di Grup Gay

Salah satunya akun Youtube Kabar KiniKini. Akun tersebut mengunggah kembali video parodi tersebut dengan maksud dan mendesak pemerintah Indonesia melakukan tindakan tegas untuk mencari pengunggahnya.

Menanggapi video tersebut, Kementerian Luar Negeri mengaku sudah menyampaikan sikap Indonesia kepada Malaysia terkait hal ini.

Dari hasil komunikasi tersebut, untuk selanjutnya terdapat tindakan dari pemerintah Malaysia terhadap pemilik akun tersebut.

Menlu Retno Masudi pun mengaku sudah mengetahui lagu penghinaan terhadap Indonesia Raya yang dilakukan MY Asean.

Pihaknya juga sudah melaporkan hal itu ke Polisi Diraja Malaysia (PDRM). (yud/fajar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: