Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua untuk Prioritas Kelompok Ini

Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua untuk Prioritas Kelompok Ini

JAKARTA - Vaksinasi tahap kedua direncanakan April hingga Maret 2021. Sasaran utamanya adalah kelompok masyarakat di daerah dengan risiko penularan COVID-19 tinggi.

“Pemerintah menggunakan dua jalur dalam menyediakan vaksin. Yaitu mendapat pasokan vaksin melalui kerja sama bilateral dan multilateral serta mengembangkan vaksin Merah Putih,” terang Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.

Vaksin Merah Putih pada triwulan pertama 2021 akan diserahkan PT Bio Farma untuk diuji klinis dan praklinis. Sementara dari jalur bilateral dan multilateral, pemerintah telah menjalin kerja sama untuk mendapat pasokan vaksin dari perusahaan farmasi Sinovac, Novavax, Prfizer, dan AstraZeneca.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama Dimulai, Cek Nama Anda Terdaftar atau Tidak lewat Ini

Presiden Joko Widodo sendiri juga telah memastikan pemerintah mengamankan sejumlah stok vaksin. “Indonesia telah mengamankan pasokan vaksin. Mulai dari Sinovac, Novavax, AstraZeneca, dan BioNTech-Pfizer,” tegas Jokowi melalui akun Twitter miliknya, @jokowi, Jumat (1/1).

Selain itu, untuk memulihkan ekonomi, pemerintah akan melanjutkan program perlindungan sosial. Mulai dari kartu sembako, bantuan sosial tunai, hingga Kartu Prakerja.

Selain kesehatan, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga memastikan tahun 2021 akan tetap diisi dengan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia. Alasannya, program tersebut sudah ditetapkan sebelumnya.

“Anggaran besar sudah dikucurkan untuk pembangunan bendungan, jaringan irigasi, jalan, jalur kereta api, bandara, sampai rumah-rumah susun di seluruh Indonesia. Kita memasuki tahun 2021 dengan langkah yang lebih tegap. Pelajaran yang mahal selama masa pandemi, membuat kita lebih siap,” tandas kepala negara. (rh/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: