Peneliti Temukan Cara Netralkan Covid-19 Pada Pasien Tanpa Gejala

Peneliti Temukan Cara Netralkan Covid-19 Pada Pasien Tanpa Gejala

PENELITI menemukan terapi agar seseorang bisa terhindar dari kondisi yang parah saat sudah terpapar Covid-19, seperti Orang Tanpa Gejala (OTG).

Terapi itu merupakan bagian dari studi antibodi jangka panjang yang baru. Jika pengobatannya efektif, maka bisa mencegah angka kesakitan yang begitu parah.

“Kami tahu bahwa kombinasi antibodi ini dapat menetralkan virus,” jelas Ahli virologi University College London Hospitals (UCLH) Catherine Houlihan seperti dilansir dari Science Alert, Sabtu (2/1).

Baca Juga: Desa Slangit Porak Poranda Diterjang Puting Beliung, Ratusan Rumah Rusak

“Jadi kami berharap untuk menemukan pengobatan melalui suntikan dan dapat mengarah pada perlindungan langsung terhadap orang yang telah terpapar. Artinya antibodi ini untuk mereka yang sudah terpapar dan sudah terlambat untuk menawarkan vaksin,” tegas peneliti.

Temuan ini mungkin bukan pengobatan antibodi pertama untuk Covid-19. Contohnya, Presiden AS Donald Trump diberi antibodi monoklonal ketika dia terserang penyakit tersebut.

Lalu, dia bisa sembuh dengan cepat. Tetapi perawatan antibodi tersebut diberikan kepada pasien dengan Covid-19 ringan atau sedang, yang berisiko berkembang menjadi parah.

Baca Juga: Desa Slangit Dilanda Puting Beliung, Atap Rumah Rusak, Pohon Tumbang

“Dalam uji klinis pasien dengan Covid-19, casirivimab dan imdevimab, yang diberikan bersama-sama, terbukti mengurangi rawat inap terkait Covid-19 atau kunjungan ruang gawat darurat pada pasien yang berisiko tinggi berkembangnya penyakit dalam 28 hari setelah pengobatan jika dibandingkan dengan plasebo,” kata FDA saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: