Dikeluhkan Seniman, Begini Tanggapan Pengelola Goa Sunyaragi

Dikeluhkan Seniman, Begini Tanggapan Pengelola Goa Sunyaragi

CIREBON - Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BP TAGS) Cirebon menegaskan bahwa hingga saat ini belum bisa membuka areanya untuk pertunjukan kesenian atau kegiatan lainnya.

Pernyataan itu menanggapi keluhan beberapa seniman Cirebon yang mengaku harus menyewa tempat atau membayar hanya untuk bisa menari di objek wisata Goa Sunyaragi.

\"Kita memang tidak menyewakan Goa Sunyaragi untuk pertunjukan seni. Apalagi di saat pandemi ada larangan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan atau penonton. Selama masa pandemi ada beberapa kegiatan pengambilan gambar video dari beberapa seniman, dan itu pun kita tidak menetapkan sewa tempat, mereka cukup berkontribusi sekadarnya untuk kebersihan lingkungan atau tempat yg digunakan,\" ujar Raden Chadir Susilaningrat selaku Wakil Direktur BP TAGS, Rabu (6/1).

Dijelaskan Raden Chadir, pihak BP TAGS sangat membuka diri untuk bekerja sama dengan berbagai pihak. Terutama seniman guna memajukan pariwisata di Cirebon.

Namun, pihak BP TAGS meminta aturan yang berlaku dalam kerja sama juga ditempuh agar dapat saling mengawasi.

\"Dari sanggar seni tersebut belum ada permohonan tertulis untuk minta izin tempat kegiatan. Jika ada, kita lihat apakah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masa pandemi, prokes dan lain-lain. Jika memenuhi ketentuan, tentu akan kita izinkan,\" pungkasnya didampingi Manager Humas BP TAGS, Eko Ardi Nugraha.

Sebelumnya,

Sanggar Seni Dewata Soentja Cirebon mengeluh terkait sulitnya memanfaatkan tempat atau lokasi pengambilan video penampilan seni tari di objek wisata Goa Sunyaragi Cirebon.

Menurut Irfan, Ketua Sanggar Seni Dewata Soentja Cirebon kepada radarcirebon.com, dirinya harus menyewa tempat atau membayar hanya untuk bisa menari di objek wisata Goa Sunyaragi.

“Tujuan kami baik, selain melestarikan kebudayaan Cirebon, secara tidak langsung juga kami mempromosikan objek wisata Goa Sunyaragi. Tapi sayangnya, kami harus membayar atau sewa tempat dan harus menempuh persyaratan lainnya hanya untuk bisa menari dan latihan di objek wisata Goa Sunyaragi ini,” ucapnya. (rdh)

https://youtu.be/b92t_Ozdkho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: