Kongres Korea Utara, Kosong Partai Penguasa Tentukan Rencana Ekonomi Dan Politik

Kongres Korea Utara, Kosong Partai Penguasa Tentukan Rencana Ekonomi Dan Politik

KONGRES langka dari Partai Pekerja yang berkuasa resmi dibuka pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un pada Selasa (5/1) waktu setempat. Diperkirakan, kongres tersebut akan menetapkan rencana ekonomi dan politik baru Korea Utara.

Media pemerintah KCNA melaporkan, kongres tersebut adalah pertemuan pertama dalam lima tahun, dan pertemuan kedelapan dalam sejarah Korea Utara, yang diadakan beberapa pekan sebelum Presiden terpilih Amerika Joe Biden menjabat.

BACA JUGA:

Hubungan dengan Amerika Serikat telah menemui jalan buntu sejak pembicaraan antara Presiden Donald Trump dan Kim terhenti hampir dua tahun lalu.

Pyongyang juga berada di bawah tekanan finansial yang meningkat, karena pandemi virus corona dan banjir musim panas membuat ekonominya yang lesu semakin tertekan.

“Kongres ke-8 Partai Pekerja Korea (WPK) dibuka di Pyongyang,” kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

“Pemimpin Tertinggi meninjau kesuksesan gemilang yang dicapai oleh Partai dan rakyat kita selama periode yang dievaluasi,” lanjutnya.Dilansir Kantor Berita Politik RMOL

“Dia juga menganalisis kesalahan yang terwujud dalam upaya penerapan strategi 5 tahun,” tambah KCNA.

Korea Utara telah menderita karena salah urus ekonomi yang kronis dan rencana sebelumnya diam-diam dibatalkan awal tahun ini, serta pertemuan partai pada Agustus menyimpulkan “tujuan untuk meningkatkan ekonomi nasional telah tertunda secara serius.” (*)

https://www.youtube.com/watch?v=b92t_Ozdkho&t=2s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: