Datang ke Situs Ini, Banyak yang Minta Jabatan, Mayoritas Kuwu

Datang ke Situs Ini, Banyak yang Minta Jabatan, Mayoritas Kuwu

PANTURA X FILES - Situs Buyut Salam Desa Sangkanherang, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, diyakini bisa mengabulkan keinginan.

Banyak peziarah dari luar kota yang sengaja datang untuk mendapatkan keinginan mereka, bahkan ada yang sampai rela bermalam di situs tersebut.

Baca juga: Kota Cirebon Tidak Berlakukan PSBB karena Ini

Kuwu Desa Sangkanerang Sarman mengatakan, kebanyakan orang yang datang ke Situs Buyut Salam mempunyai keinginan seperti posisi dalam pekerjaan atau jabatan tertentu.

\"Paling sering kalau musim pemilihan kuwu, banyak diantara mereka menyempatkan diri datang ke sini,\" ujar Sarman didampingi juru kunci situs, Jumat (8/1/2021).

Ditambahkan sang juru kunci, jika bisa mengangkat salah satu batu jubleg (batu untuk menumbuk padi) yang ada di situs niatan mereka akan terkabul. \"Dan itu sering terbukti,\" tegas juru kunci.

Baca juga: Kabupaten Cirebon Terapkan PSBM, Siap-siap WFH Lagi

Situs Buyut Salam sendiri masih memiliki keterkaitan dengan Mbah Kuwu Sangkan yang ada di Cirebon, hal tersebut diperkuat dengan penamaan Desa Sangkanerang yang berasal dari kata Sangkan.

\"Makanya banyak kuwu dari wilayah Cirebon datang berkunjung ke sini untuk berziarah,\" kata Sarman.

Sedangkan penamaan Situs Buyut Salam sendiri berasal dari sebuah pohon salam yang pernah ada di lokasi tersebut.

\"Pohonnya sudah tidak ada, tetapi nama pohonnya dijadikan situs,\" timpal juru kunci.

Untuk menuju ke Situs Buyut Salam, bisa melewati jalur Cirebon-Kuningan dan masuk dari Jalaksana satu arah ke Desa Sayana atau tempat wisata Sidomba.

Jalanan berkelok khas pegunungan dengan tanjakan panjang dan hamparan sawah, akan tergambar rasa kagum dengan keindahan dan luasnya alam. (brd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: