Ini Dia, Sosok Harun Yahya yang Divonis 1.075 Tahun Penjara di Turki

Ini Dia, Sosok Harun Yahya yang Divonis 1.075 Tahun Penjara di Turki

PENGADILAN Turki mengungkap kejahatan yang dilakukan penceramah Harun Yahya alias Adnan Oktar dan kelompoknya. Oktar divonis penjara 1.075 tahun atas sejumlah kejahatan.

Siapa sebetulnya sosok Harun Yahya alias Adnan Oktar ini?

Dalam laporan The Guardian, Oktar disebut sebagai pemimpin sekte di Turki yang juga seorang pengkhotbah. Dalam ceramahnya dia kerap membahas kreasionisme dan nilai-nilai konservatif Islam.

Baca juga: Harun Yahya Divonis 1000 Tahun Penjara Atas Kejahatan Seks

Sedangkan banyak wanita dalam pakaian terbuka menari di sekitarnya dengan musik yang ceria di studio TV. Dalam berbagai foto yang beredar di internet, pria berusia 64 tahun itu tampil dengan janggut tebal.

Pihak kepolisian Tukri menangkap Oktar pada 2018 bersama lebih dari 200 tersangka lainnya.

Berdasarkan hasil persidangan, dia tebukti melakukan sejumlah kejahatan termasuk diantaranya pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. Dia juga didakwa atas penipuan dan percobaan spionase politik dan militer.

Baca juga: Jembatan KA Tonjong Ambruk, Ada Pengalihan Rute Kereta Api Jalur Selatan Jakarta – Surabaya

Selain Oktar, pengadilan juga menjatuhkan hukuman kepada dua anggota eksekutif organisasi bentukan Oktar yakni, Tarkan Yavas dan Oktar Babuna. Masing-masing mendapatkan hukuman selama 211 dan 186 tahun penjara.

Selain dakwaan atas kejahatan seksual, pemerintah Turki juga mengaitkan kelompok Oktar dengan kelompok yang dipimpin oleh pengkhotbah Muslim lainnya yang menetap di Amerika Fethullah Gulen. Gulen dituding sebagai dalang upaya kudeta yang gagal pada tahun 2016. (ttr)

Baca juga: Hatrick, Polri Tetapkan Habib Rizieq Tersangka Dalam 3 Kasus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: