Ingin Nikahi Gadis Kazakhstan? Ini Syarat dan Dokumen Yang Dibutuhkan

Ingin Nikahi Gadis Kazakhstan? Ini Syarat dan Dokumen Yang Dibutuhkan

DAIANA, gadis asal Kazakhstan ini mendadak bikin heboh warganet Tanah Air. Bagaimana tidak, paras cantiknya terungkap lewat sebuah video percakapan yang diunggah YouTuber asal Indonesia, Fiki Naki.

Bagi warganet yang penasaran ingin mempersunting gadis Kazakhstan tak perlu khawatir. Ada beberapa langkah dan dokumen yang diperlukan bila mau melanjutkan ke jenjang yang lebih serius bila berjodoh dengan gadis Kazakhstan.

Dikutip dari laman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kazakhstan, Selasa (12/1), warga negara Indonesia (WNI) dapat menikahi warga Kazakhstan di Indonesia atau di Kazakhstan. Jika memutuskan untuk menikah di Kazakhstan, WNI harus memenuhi persyaratan UU Kewarganegaraan Kazakhstan, Peraturan Pernikahan dan Keluarga Republik Kazakhstan.

Kemudian, WNI dan calon tunangan harus mengajukan permohonan izin menikah di Kantor Pendaftaran Peristiwa Sipil (ZAGS). Selama wawancara, WNI dan tunangannya harus membuktikan berada dalam kesehatan yang baik dan menyajikan dokumen yang tercantum.

\"Setelah anda menerima surat pernikahan, anda dapat meminta tanggal pernikahan baik dari Kantor ZAGS dimana tunangan anda tinggal, atau dari Kantor Pusat Pernikahan \"Zhas Otau\" di Almaty,\" tulis pernyataan KBRI Kazakhstan, dilansir dari kantor berita Rmoljabar

Beberapa dokumen yang dibutuhkan lainnya adalah paspor Indonesia dengan Visa Kazakhstan atau kartu penduduk tetap Kazakhstan; keterangan tertulis yang menyatakan bahwa tidak ada pihak saat ini telah menikah dan, jika berlaku, akta cerai asli dari pernikahan sebelumnya disahkan dengan Apostil oleh Kementerian Luar Negeri; terjemahan paspor dalam bahasa Rusia, keterangan tertulis dan akta cerai yang telah disahkan notaris.

\"Pada hari pernikahan, calon pengantin harus tampil di ZAGS dengan dua saksi untuk menandatangani akta nikah. Di akhir upacara, pengantin baru diberikan sertifikat pernikahan mereka,\" tutup pernyatan yang tertera di KBRI Kazakhstan(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: