Kebun Binatang San Diego, Sejumlah Gorila Positif Covid-19

Kebun Binatang San Diego, Sejumlah Gorila Positif Covid-19

BEBERAPA gorila di Taman Safari Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat dinyatakan positif mengidap virus corona. Hal tersebut diyakini sebagai kasus pertama di AS dan mungkin di dunia yang dialami primata semacam itu di dan.

Direktur eksekutif Kebun Binatang San Diego, Lisa Peterson mengatakan, delapan gorila yang tinggal bersama di taman tersebut diyakini mengidap virus dan beberapa telah batuk.

Tampaknya infeksi berasal dari anggota tim perawatan satwa liar taman, yang juga dites positif terkena virus tetapi tidak menunjukkan gejala dan selalu mengenakan masker di sekitar gorila.

Taman tersebut telah ditutup untuk umum sejak 6 Desember 2020 sebagai upaya penguncian di negara bagian California untuk menekan kasus virus corona.

Setidaknya dua gorila mulai batuk minggu lalu, sementara yang ketiga mulai menunjukkan gejala.

Hasil tes positif dikonfirmasi Laboratorium Layanan Hewan Nasional Departemen Pertanian AS pada tiga gorila. Kotoran dari kedelapan pasukan tersebut sedang dibawa untuk diuji.

\"Selain sesak dan batuk, gorila baik-baik saja. Pasukan tetap dikarantina bersama dan sedang makan serta minum. Kami berharap untuk pemulihan penuh,\" ujar Peterson dikutip AP, Selasa (12/1).

Seperti diketahui, Gorila berbagi hingga 98 persen DNA dengan manusia dan penelitian telah menemukan beberapa primata non-manusia juga rentan terhadap infeksi Covid-19.

Belum diketahui apakah gorila tersebut akan mengalami reaksi serius terhadap penyakit yang telah menewaskan hampir dua juta orang dan menginfeksi hampir 91 juta lainnya.

Gorila yang terinfeksi di taman San Diego adalah gorila dataran rendah barat, yang populasinya telah menurun lebih dari 60 persen selama 20 tahun terakhir karena perburuan dan penyakit, menurut Dana Margasatwa Dunia.

Pejabat kebun binatang berbicara dengan para ahli yang telah merawat virus corona pada manusia jika hewan tersebut mengalami gejala yang lebih parah.

Mereka akan tetap bersama karena memisahkan mereka bisa berbahaya bagi gorila yang hidup dalam kelompok erat.

“Ini adalah satwa liar dan mereka memiliki ketahanan sendiri dan dapat menyembuhkan secara berbeda dari kita,” kata Peterson, dilansir dari kantor berita Rmoljabar

Taman safari pada hari Senin menambahkan lebih banyak tindakan pengamanan untuk stafnya, termasuk memerlukan pelindung wajah dan kacamata saat bekerja saat bersentuhan dengan hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: