Dampak PSBB Jawa Bali, Terminal Harjamukti Sepi

Dampak PSBB Jawa Bali, Terminal Harjamukti Sepi

CIREBON - Adanya pemberlakuan kebijakan PSBB Jawa-Bali dan PPKM berdampak pada sepinya operasional bus di terminal tipe A Harjamukti, Kota Cirebon.

Hal tersebut mengakibatkan terminal tipe A Harjamukti mengalami penurunan operasi hingga 50 persen. Biasanya terdapat 200 unit bus yang beroperasi di terminal tersebut, kini turun 80 hingga 130 armada bus yang beroperasi.

Penurunan itu disebabkan karena jumlah penumpang minim. Bahkan hanya PO bus tertentu saja yang masih bertahan melayani jasa angkutan dengan tujuan Bekasi, Merak dan Jawa Timur.

Menurut Didik petugas Dishub Pemprov Jabar selaku koordinator lapangan Terminal tipe A Harjamukti kepada radarcirebon.com mengatakan, penurunan jumlah bus yang beroperasi karena penumpang yang ada hanya kisaran 25 persen perhari.

\"Akibatnya, banyak PO bus yang tidak mengoperasikan armadanya secara maksimal. Di sini (Terminal Harjamukti) terdampak sejak Covid-19 pertama melanda Indonesia,\" katanya.

Menurut Didik, penumpang bus yang naik dari Terminal tipe A Harjamukti tidak mewajibkan untuk menunjukkan surat hasil rapid test atau swab.

\"Untuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19, kami di sini terus melaksanakan protokol kesehatan terhadap penumpang secara ketat mulai mengecek suhu tubuh, dan mencuci tangan. Jadi tak perlu menunjukkan surat hasil rapid test atau swab,\" ujarnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: