Program Vaksinasi, Almatkes dan Vaksin di Daerah Tercukupi

Program Vaksinasi, Almatkes dan Vaksin di Daerah Tercukupi

JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 memastikan ketersediaan alat material kesehatan (almatkes) tercukupi dalam penanganan pandemi Covid-19. Selain itu, pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 juga sedang berjalan.

“Kami telah berkerjasama dengan Kementerian Perindustrian dan produsen almatkes dalam negeri. Ini itu bertujuan untuk memastikan tercukupinya ketersediaan alat material kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan. “Kita tidak melihat adanya kekurangan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito di Jakarta, Jumat (15/1).

Terkait pendistribusian, pemerintah bersama TNI/Polri serta pemerintah daerah juga memastikan berjalan lancar. Termasuk jaringan rantai dingin atau cold chain yang menjaga suhu vaksin selama pendistribusian. Sehingga vaksin tidak akan rusak hingga sampai ke penerimanya.

BACA JUGA: Vaksinasi Tanggung Jawab Semua Masyarakat

“Satgas juga secara intensif mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak),” paparnya.

Tak hanya 3M. Pemerintah, lanjutnya, terus melakukan upaya 3T tracing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) terhadap penderita Covid-19.

“Pemerintah daerah yang masuk peta zona merah diinstruksikan untuk membatasi kegiatan masyarakat melalui peraturan daerahnya yang disesuaikan kebutuhan masing-masing daerah,” pungkasnya. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: