Dinkes Kota Cirebon Mulai Distribusikan Vaksin Sinovac ke Puskesmas

Dinkes Kota Cirebon Mulai Distribusikan Vaksin Sinovac ke Puskesmas

CIREBON - Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon melakukan pendistribusian vaksin Sinovac, Kamis siang (28/1).

Adapun mekanisme distribusi vaksin dilakukan dengan sistem petugas dari Puskesmas maupun rumah sakit yang datang ke UPT Farmasi dengan membawa tempat vaksin yakni cold chain.

Sementara, sarana dan prasarana penyimpanan vaksin, disediakan secara mandiri oleh pihak puskesmas.

Pantauan radarcirebon.com di Puskesmas Kejaksan, Kamis (28/1), vaksin-vaksin yang baru diambil dari gudang farmasi UPT Farmasi Dinkes Kota Cirebon tersebut langsung dimasukan ke cold chain, tempat penyimpanan vaksin berukuran besar di ruang imunisasi Puskesmas Kejaksan.

Vaksin tersebut harus tersimpan di suhu antara 2 hingga 8 derajat celcius. Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas vaksin. Sehingga ketika disuntikan ke penerima vaksin bisa tetap maksimal.

\"Jadi vaksin ini kami simpan di boks yang bersuhu 2-8 derajat celcius. Boks penyimpanan vaksin ini juga terdapat termometer sebagai pengatur suhunya. Dan vaksin ini disimpan harus terpisah dengan vaksin-vaksin lainnya,\" ujar Lilis selaku juru imunisasi Puskesmas Kejaksan kepada radarcirebon.com, Kamis (28/1).

Sementara ini, Bidan Lina selaku vaksinator Puskesmas Kejaksan mengatakan, proses pelaksanaan penyuntikan vaksinasi dengan cara melalui empat meja.

\"Mulai dari pendaftaran, skrening kesehatan, proses penyuntikan hingga pencatatan untuk data yang telah dilakukan vaksinasi,\" katanya.

Bidan Lina menyebutkan, pelaksanaan penyuntikan vaksin akan dilakukan di Puskesmas Kejaksan.

\"Untuk tahap pertama ini Puskesmas Kejaksan jumlah vaksinya sebanyak 35 vaksin. Untuk waktu pelaksanaan penyuntikan masih menunggu koordinasi dari kepala puskesmas. Tapi kemungkinan dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB, hati Jumat (29/1),\" sebutnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: