WHO Cari Asal-usul Covid-19, Kunjungi Pasar Baishazhou di Wuhan

WHO Cari Asal-usul Covid-19, Kunjungi Pasar Baishazhou di Wuhan

TIM ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengunjungi sebuah pasar dalam rangkaian penyelidikan asal mula Covid-19 di Kota Wuhan, China.

AP melaporkan bahwa para ilmuwan terlihat berjalan melewati bagian pasar Baishazhou bersama rombongan besar pejabat dan perwakilan China.

Para anggota, dengan keahlian di bidang dokter hewan, virologi, keamanan makanan dan epidemiologi, sejauh ini telah mengunjungi dua rumah sakit di pusat wabah awal, yaitu Rumah Sakit Jinyintan Wuhan dan Rumah Sakit Pengobatan Cina dan Barat Terpadu Hubei.

Baca juga:

PPN Pulsa dan Token, Sri Mulyani: Harga Tetap, Tidak Ada Pungutan Pajak Baru

Menemukan HP, Niat Mengembalikan, Pasutri Dipaksa Mengaku Mencuri, Diperas Oknum Polisi Rp35 Juta

Pada Sabtu (30/1), mereka juga mengunjungi pameran museum yang didedikasikan untuk mengenang sejarah awal Covid-19.

Pada Kamis lalu (21/1), WHO menyebut tim ilmuwan berencana mengunjungi rumah sakit dan pasar seperti Pasar Makanan Laut Huanan, yang terkait dengan banyak kasus pertama. Mereka juga memasukan Institut Virologi Wuhan dan laboratorium Pusat Pengendalian Penyakit Wuhan ke dalam daftar kunjungan.

Setelah tiba di Wuhan, tim ilmuwan melakukan karantina mandiri selama dua pekan di hotel. Kemudian menjalankan misi di lapangan selama dua pekan.

Baca juga:

Saat Rumah Sekda Kuningan Nyaris Kemasukan Ular Berbisa, Ada Piton di GOR Ewangga

Tarif PDAM Kota Cirebon Berpeluang Naik

Penyelidikan WHO di Wuhan menemui beberapa kendala, seperti penundaan, kekhawatiran soal akses, dan perdebatan antara China dan Amerika Serikat, yang menuding China menyembunyikan penyebaran Covid-19 pada awal pandemi. AS juga mengkritik syarat kunjungan, yang juga diikuti para ahli China ketika melakukan riset tahap pertama.

Tim WHO sebelumnya dijadwalkan tiba di Wuhan awal Januari. Penundaan kunjungan oleh pemerintah China itu menuai kritik terbuka yang jarang dilakukan kepala WHO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: