Pemohon Pembuatan Paspor Turun Drastis selama Pandemi Covid-19

Pemohon Pembuatan Paspor Turun Drastis selama Pandemi Covid-19

CIREBON - Selama masa pandemi Covid-19, pemohon pembuatan paspor di kantor Imigrasi kelas I TPI Cirebon mengalami penurunan drastis hingga 70 persen.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi (kanim) kelas I TPI Cirebon, Kartana saat ditemui radarcirebon.com di ruang kerjanya, Rabu (3/2).

\"Jelas sekali dampaknya selama pandemi ini. Pemohon paspor juga berkurang hingga 70 persen. Ini disebabkan terpengaruh penerbangan ke luar negeri yang terbatas sekali. Pemohon paspor umrah dan haji belum buka, jadi sedikit. Saat ini kita hanya 30 persen pelayanan dibanding kondisi normal,\" ungkapnya.

Dijelaskan Kartana, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon mencanangkan zona integritas dalam mempertahankan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

\"Dengan demikian, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon harus melaksanakan inovasi yang telah dibuat sebelumya, selain harus mengembangkan inovasi baru yang perlu diperbaiki dari inovasi sebelumnya. 2021 ini kita memperbaiki pelayanan, salah satunya adalah pelayanan pengambilan paspor secara drive thru,\" jelasnya.

Menurut Kartana, untuk pelayanan pengambilan paspor secara drive thru ini sudah dilakukan sejak 2018 lalu.

\"Sebelumnya kan pengambilan paspor drive thru itu, orangnya datang langsung ke Kanim. Sehingga masih ada jeda waktu untuk menunggu pencarian berkas. Kalau sekarang bisa melalui WhatsApp dahulu, atas nama siapa yang akan diambil, sehingga yang bersangkutan ambil berkas sudah siap, jadi petugas tinggal berikan saja jadi lebih cepat,\" tuturnya.

Kartana menambahkan, bagi warga negara asing (WNA) yang saat ini tinggal di Cirebon harus tetap memperpanjang visa dan paspornya.

\"Karena mereka tidak bisa kembali ke negara asal karena belum normalnya penerbangan luar negeri, maka WNA yang saat ini tinggal atau bekerja di Cirebon wajib memperpanjang masa berlaku paspor dan visanya. Tapi kami terus melakukan pemantauan terhadap WNA yang stay di Cirebon,\" sebutnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: