GeNose Mulai Diterapkan untuk Penumpang Kereta Api

GeNose Mulai Diterapkan untuk Penumpang Kereta Api

JAKARTA – Hasil pemeriksaan COVID-19 dengan alat GeNose resmi digunakan sebagai salah satu syarat penumpang kereta api. Tingkat keakuratan deteksi COVID-19 hasil karya Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mencapai lebih dari 90 persen.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penerapan GeNose sebagai syarat perjalanan penumpang kereta api jarak jauh mulai 5 Februari 2021. Untuk tahap awal dilakukan di dua stasiun KA yaitu Stasiun Pasar Senen, Jakarta, dan Stasiun Tugu, Yogyakarta.

“Sekarang kami masih gunakan di dua stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu Yogyakarta. Nanti secara bertahap penggunaan GeNose akan ditambah di titik-titik stasiun lainnya,” katanya saat meninjau uji coba penerapan GeNose di Stasiun KA Pasar Senen, Rabu (3/2).

Dikatakannya, penerapan GeNose nantinya akan dilakukan di 44 kota yang memiliki stasiun kereta api. Terutama stasiun dengan jumlah penumpang kereta api yang banyak.

“Kira memang lakukan secara bertahap, bahwa sekarang ini dua (stasiun Senen dan Tugu), 10 hari lagi lima (kota), 10 hari lagi menjadi 20, 10 hari lagi jadi 44, semuanya,” terangnya.

Setelah stasiun Senen dan Tugu, dalam waktu dekat GeNose juga tersedia di Surabaya, Semarang dan kota-kota lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: