Usulan Anggota DPR RI Bikin Heboh: Pakai Dukun untuk Cari CVR Sriwijaya Air

Usulan  Anggota DPR RI Bikin Heboh: Pakai Dukun untuk Cari CVR Sriwijaya Air

JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI, Tamanuri membuat usulan mengejutkan. Dia meminta pencarian CVR Pesawat Sriwijaya Air turut pakai jasa dukun.

CVR adalah cockpit voice recorder, salah satu perangkat yang berisi rekaman suara pilot di dalam pesawat.

Hal itu disampaikan Tamanuri saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2).

Baca juga: Setelah Video 19 Detik Bareng Gisel, Versi 38 Menit Punya Nobu Juga Viral, Cek di Sini

\"Kita sudah menggunakan peralatan canggih saja, belum ketemu, nah ini kita menggunakan secara manual untuk mencarinya. Kita tambah sajalah, ditambah dukun. Gampang itu, kita menggunakan jasa perdukunan, mudah-mudahan bisa ketemu itu,\" kata Tamanuri.

Tamanuri juga meminta Kementerian Perhubungan membatasi usia pesawat yang dioperasikan oleh operator. Ia menyoroti usia pesawat berjenis Boeing 737-500 milik Sriwijaya Air SJ 182 yang telah 26 tahun.

\"Mohon kiranya bapak menteri buat peraturan standarisasi bahwa pesawat itu dari tahun sekian sampai tahun sekian, yang tahun sekian tidak bisa lagi dipakai,\" ujarnya.

CVR pesawat Sriwijaya Air SJ 182 belum ditemukan hingga saat ini. Tim SAR gabungan baru berhasil menemukan bagian kotak hitam, FDR pada akhir bulan lalu.

Sebelumnya, Direktur Operasi Basarnas Brigjen Rasman MS menyatakan pencarian CVR tetap dilanjutkan meskipun pihaknya telah memutuskan untuk menyudahi operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Menurutnya, operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182, termasuk CVR, akan dikomandoi dan dan dikendalikan oleh KNKT. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: